HETANEWS

30 Hektar Lahan Gambut di Sei Kepayang Berhasil Dipadamkan

Sekdakab Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar dan Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu, turut memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) gambut, di Desa Perbangunan Pasar 20, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Asahan, hetanews.com - Sekdakab Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar dan Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu, langsung 'turun gunung' atau turut memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) gambut, di Desa Perbangunan Pasar 20, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Dua pejabat ini, terlihat sibuk ikut menyiramkan air yang bersumber dari mobil Damkar bersama aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan, Basarnas Tanjungbalai serta warga setempat. 

Tampak di lokasi, kepulan kabut asap mulai  menyebar, sehingga menyulitkan petugas untuk menyisir titik-titip api.

"Sudah tiga hari inilah hutan dan sebagian tanaman kelapa sawit ini mulai terbakar," kata seorang warga, Sadikin.

Sekadakab Asahan, Taufik ZA Siregar mengatakan, diperkirakan seluas 30 hektar kawasan hutan gambut ini, mulai terbakar. Namun sampai saat ini, belum diketahui penyebab kebakaran tersebut secara pasti.

Menurutnya, hutan dan lahan bergambut sangat riskan untuk terbakar, apalagi di musim kemarau. Titik api yang menjadi pemicu kebakaran, bisa juga dikarenakan terik panas matahari.

Apel gabungan pembentukan satuan tugas (Satgas) penanggulangan Karhutla, Selasa pagi, di halaman Mapolres Asahan.

"Alhamdulilllah, kebakaran sepertinya sudah mulai bisa dikendalikan, berkat kerjasama yang baik seluruh petugas dan warga " katanya, di lokasi, Selasa (24/9/2019).

Lebih lanjut, kata Taufik, untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran, Pemkab Asahan bersama aparat Kepolisian dan TNI, telah membuat kanal-kanal dan sumur disejumlah titik sebagai sumber air untuk memadamkan kebakaran.

Sementara itu, sebelumnya, untuk mengatasi peristiwa ini, Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu, memimpin apel gabungan pembentukan satuan tugas (Satgas) penanggulangan Karhutla, Selasa pagi, di halaman Mapolres Asahan.

Dalam apel ini, eks Kasubdit IV Jahtanras Polda Sumut ini menegaskan, Satgas harus bisa menanggulangi dan menuntaskan Karhutla gambut yang terjadi di kawasan langganan titik api, bila memasuki musim kemarau panjang.

"Ini merupakan wujud kepedulian dan tanggungjawab kita kepada masyarakat," ujar Faisal, dalam sambutannya, di hadapan ratusan personil TNI/Polri, serta aparatur terkait lintas OPD Pemkab Asahan.

Penulis: rendi. Editor: gun.