HETANEWS

Pembagian Air Minum OK OCE di Demo Viral, Siapa yang Membagikan?

Kardus OK OCE dalam demo kemarin. (Dok. Istimewa)

Jakarta, hetanews.com - Setelah demo di depan gedung DPR yang diwarnai kericuhan, muncul cerita-cerita maupun foto yang menjadi perbincangan publik. Ada foto massa membagikan air mineral bermerek OK OCE. Pihak OK OCE atau One Kecamatan One Center Entrepreneurship angkat bicara.

Foto yang ramai beredar di media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp itu menampilkan gambar seorang pria membawa tumpukan kardus, salah satunya bertuliskan OK OCE. Di foto lain, ada air mineral yang dilabeli merek OK OCE. Ketua Umum OK OCE Iim Rusyamsi memberi penjelasan.

Menurut Iim, pembagian air minum dalam kardus OK OCE itu merupakan hal yang lumrah dan belum tentu berkaitan dengan kebijakan khusus manajemen. Pasalnya, menurut Iim, pihak OK OCE bekerja sama dengan banyak pihak seperti waralaba. Jadi siapa pihak yang membagikan air minum OK OCE itu, lanjut Iim, bukan dari manajemen OK OCE secara langsung.

"Kami kalau di OK OCE basisnya itu ada banyak komunitas-komunitas penggerak, salah satunya komunitas kami ada yang menjalankan atau menggerakkan untuk bisnis air mineral OK OCE, ini kerja sama dengan kami. Kerja samanya kami hanya pemilik brand, jadi mereka mendapatkan izin penggunaan brand itu dan kami hanya mendapatkan royalti lisensi saja. Kemudian komunitas ini yang mempunyai jalur distribusi sehingga mereka memproduksi dan juga mendistribusikan," kata Iim Rusyamsi saat dihubungi, Rabu (25/9/2019).

Iim mengatakan OK OCE merupakan gerakan penciptaan lapangan kerja berbasis kewirausahaan. Iim menyebut OK OCE bekerja dengan membangun keagenan di setiap kelurahan sehingga akan tecipta banyak wirausaha-wirausaha baru melalui bisnis keagenan, termasuk bisnis air mineral ini.

Soal kemunculan air bermerek OK OCE di demo Selasa (24/9) kemarin, Iim menegaskan mereka sama sekali tidak terkait. Iim menegaskan air merek OK OCE bisa dibeli umum di warung-warung di sejumlah kelurahan se-Jabodetabek.

"Kalau terkait dengan demo yang kemarin ada air OK OCE di sana, itu mungkin ada para pendemo ataupun siapa yang membeli melalui keagenan. Bukan gerakan dari kami. Kami di pusat, saya di pusat kan ya, di pusat tidak menggerakkan apapun. Tapi kita juga tidak bisa menolak kalau ada yang beli dan saya kira nggak tahu, memang umum," tutur Iim.

Iim bersyukur air OK OCE sudah diketahui banyak orang dan dibeli masyarakat secara luas. Dia mengatakan masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan air OK OCE.

"Jadi kita memang basisnya di setiap kecamatan dan untuk air mineral ini setiap kelurahan. Jadi sangat mudah mendapatkan air mineral OK OCE khususnya di Jabodetabek. Jadi di setiap kelurahan ada agen-agennya. Mungkin ada yang membeli dan membawa ke sana. Kita juga nggak bisa menolak kalau memang ada yang beli dan dibawa ke sana karena air umum," tegas Iim.
Jalur pendistribusian air OK OCE, kata Iim, ditentukan sendiri oleh komunitas yang menjalin kerja sama. Komunitas yang dimaksud Iim ini yakni koperasi maupun pabrik lewat agen-agen di setiap kelurahan. Air OK OCE bisa dibeli di warung-warung di tiap kelurahan yang mengambil di agen.

"Air ini basisnya 1 kelurahan ada 1 agen penjualan, warung-warung ini ngambil dari agen, jadi sudah ada di warung-warung. Mungkin belum masuk ke model (ritel modern) atau apa. Kita punya OK OCE Mart, mungkin ada. Di komunitas misalnya, teman-teman komunitas ada acara keluarga di tempat ngumpul mereka, mereka pasti akan.... Karena basisnya kan koperasi, jadi dari kita, untuk kita, oleh kita," sebut Iim.
 

sumber: detik.com

Editor: sella.