Samosir, hetanews.com - Mencegah dampak buruk kabut asap yang melanda kabupaten Samosir, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat dan melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub), membagi – bagikan masker gratis kepada para pengendara yang melintasi jalan raya, tepatnya di simpang empat, depan Gereja Bolon HKBP, pada  Senin (23/9/2019) lalu, dan hari ini,  Selasa (24/9/2019) siang, di Pintu Sona, depan Bank Sumut.

Pantauan wartawan, target pembagian masker ini, adalah pengguna jalan, atau pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua, betor, maupun roda empat.

Kadis Kesehatan Samosir, dr Ninpam Karo-karo,  mengatakan, tujuan bagi - bagi masker merupakan  kegiatan moral dan spontanitas, yang dilakukan pihaknya bersama dinas lainnya di Samosir.

Lanjutnya, masker yang dibagikan ada sebanyak 2500 masker, atau 50 kotak yang tadinya dibagikan secara simbolis oleh Sekdakab Samosir, Jabiat Sagala.

Anak Sekolah Dasar juga memakai masker yang dibagikan pihak  Dinkes Samosir. (foto/stm)

Pembaguian masker ini, tadinya mau dibagikan di 3 titik, yaitu, Simpang 4 Gereja Bolon, Simpang Pintu Sona dan di Simpang Kantor Parbaba, beritahunya.

Masih katanya, bahwa tingkat polusi udara di Samosir, tidak bisa dijawab, karena alat klimatogi tidak ada dan alat itu baru ada di Deliserdang.

Kita berharap, dengan dibaginya masker ini, bisa  digunakan masyarakat, ketika mereka keluar rumah, terutama pada balita yang sensitif terhadap polusi udara, ujarnya.

Kami juga menghimbau kepada masyarakat, agar banyak mengkonsumsi air putih, sayur, dan buah. Akibat dari kabut asap yang terjadi saat ini, dimana 2 Puskesmas saat ini mengalami peningkatan pasien sebanyak 40 persen dari keadaan normal biasanya. Itu akibat terjadinya polusi udara yang kurang baik, tutupnya.