HETANEWS

Kabut Asap Selimuti Kawasan Danau Toba, Termasuk Samosir

Perairan Danau Toba juga tampak diselimuti kabut asap kiriman dari Provinsi Rau, dan tampak Kapal Fery berlayar dari Simanido menuju Tigaras. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Kabut asap dari Provinsi Riau, telah merembes ke hampir semua daerah di Sumatera, termasuk kawasan Danau Toba.

Seperti di Kabupaten Samosir, sudah 2 minggu belakangan diselimuti kabut asap dan mengancam kesehatan warga. Jarak padang di jalan lingkar Kabupaten Samosir, hanya sekitar 250-300 meter. Dan hampir semua kecamatan di kabupaten Samosir diselimuti kabut asap.

Kabut asap tampak menyelimuti perkampungan warga dan persawahan masyarakat, di Kecamatan Sianjur Mula –mula, Samosir. (foto/stm)

Begitu juga halnya di perairan Danau Toba yang berada di pelabuhan Simanindo - Tigaras dan Tomok – Ajibata, juga diselimuti kabut asap. Sehingga jarak pandang pelabuhan dari dermaga tidak bisa lagi terlihat jelas.

Dari kaki gunung Pusubuhit, di Kecamatan Sianjur Mula - mula, pantauan wartawan, Minggu  (22/9/2019) lalu, sekitar pukul 15.30 WIB, kabut asap juga tampak tebal. Sehingga menutupi beberapa perkampungan dan persawahan masyarakat.

Kabupaten asap menyelimuti Kabupaten Samosir. (foto/stm)

Michan Naibaho, salah satu pengguna jalan raya, ketika dikonfirmasi hetanews.com, mengatakan, “tujuan saya memakai masker ini untuk menjaga kesehatan, karena banyak kabut asap. Sebelum saya pakai masker ini, ada sedikit terasa sesak yang saya rasakan, namun setelah saya pakai, baru ada terasa nyaman. Dan sudah tiga hari ini, saya menggunakan masker. Walaupun pandangan mata saat ini, belum ada terasa perih, “ujarnya.

Penulis: stm. Editor: gun.