HETANEWS

Ponsel Meledak Diduga Penyebab Kebakaran 129 Rumah di Jatinegara

Foto udara rumah-rumah yang terbakar di kawasan Balimester, Jatinegara, Jakarta, Sabtu (21/9/2019). Kebakaran yang menghanguskan 129 rumah itu diduga akibat korsleting listrik karena ponsel meledak. (Foto: Antara/Galih Pradipta).

Jakarta, hetanews.com - Kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu dini hari tadi diduga akibat ledakan ponsel. Sebanyak 129 rumah hangus dan 425 orang terpaksa diungsikan karena kehilangan tempat tinggal. Tiga orang mengalami luka bakar.

Dugaan ini ledakan ponsel itu muncul dari keterangan warga. Kendati demikian, polisi belum dapat memastikan karena masih menyelidiki.

”Saya mendapat kesaksian dari warga, ada suara benda yang meledak sekitar pukul 00.00 WIB sebelum kebakaran terjadi," kata Ketua RW01 Kelurahan Balimester Dwi Lestari, Sabtu (21/9/2019).


Dwi menuturkan, ledakan ponsel itu berasal dari rumah yang dihuni Mansyur di RT04 RW01 Rawabunga. Rumah tinggal semi permanen itu ditengarai sebagai titik awal munculnya kepulan asap. Api dengan cepat merambat ke RW06 dan membakar ratusan rumah.

"Sepertinya terjadi korsleting saat HP di-charge. Kebetulan saat kejadian, penghuninya sedang tidak ada di dalam rumah," kata dia.

Kebakaran melanda dua kelurahan, yakni Balimester dan Rawabunga, Jatinegara pada pukul 00.53 WIB dini hari tadi. Akibatnya, 452 warga kini diungsikan di dua lokasi. Sebanyak 125 warga Kelurahan Balimester diungsikan ke Jalan Jenderal Urip RT11/RW06, sementara sekitar 327 warga Kelurahan Rawabunga diungsikan menuju kantor kelurahan setempat.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Dinsos Provinsi DKI Jakarta Sutawijaya mengatakan, bantuan untuk korban kebakaran mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB tadi pagi. Bantuan ini juga telah disalurkan untuk warga.

Kasieops Sudin Dankar Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatkaan, petugas mengerahkan 51 unit damkar dan 22 pompa untuk memadamkan api di kawasan tersebut. Api telah padam tadi pagi. Kendati demikian petugas masih menyisir lokasi.


Dalam peristiwa ini sedikitnya tiga warga RW01 Kelurahan Rawabunga dilaporkan mengalami luka bakar. Korban atas nama Siswanto dirawat karena luka bakar di lengan kanan. Sementara korban lainnya, Supriadi mengalami luka lebam di jari.

Korban lainnya atas nama Ibu Masyur, pemilik rumah yang diduga menjadi titik awal kemunculan api. Dia mengalami luka bakar ringan di beberapa tangannya dan mendapatkan perawatan di Puskesmas Jatinegara.

Sumber: inews.id

Editor: tom.