HETANEWS.COM

Penyelesaian Masalah Papua Perlu Lewat Dialog Antar Suku

Acara debat antara Politikus PDI Perjuangan Budiman Sujatmiko dengan Sutradara Dhandy Dwi Laksono di Jakarta, Sabtu, 21 September 2019. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azha

Jakarta, hetanews.com - olitikus Budiman Sudjatmiko menyatakan solusi untuk permasalahan di Papua adalah dengan pendekatan berbentuk dialog. Menurut dia, suku-suku di sana juga harus memiliki satu pandangan dalam menyelesaikan permasalahan internal Papua.
 
"Kembalikan Papua ke dalam kondisi natural sebagai konfederasi internal," kata Budiman dalam debat bersama Sutradara Dandhy Laksono di Jakarta, Sabtu, 21 September 2019.
 
Suku-suku di Papua, kata Budiman, harus satu pandangan terkait kondisi di Papua. Hal ini harus terus dimusyawarahkan bersama hingga level provinsi.

Bahkan Budiman menyebut, ada susunan pemerintahan di sana yang terdiri dari perwakilan suku-suku. Sehingga, setiap warga Papua akan merasa diwakili dalam pemerintahan tingkat provinsi.
 
"Itu sambil kita menghormati hak mereka sebagai indigeneous people atau oran lokal ," ujar dia.

Budiman menambahkan, Papua akan terbuka terhadap pihak ketiga dalam penyelesaian masalah ini. Namun pihak tersebut harus ikut memberikan solusi secara adil, bukan malah ikut menentukan nasib.
 
"Kalau dari internasional juga enggak apa-apa. Tapi pastikan kita dalam konteks Indonesia," kata dia.

Adapun Dandhy bersepakat dengan dialog damai anpa kekerasan. Pembicaraan mengenai masalah di Papua memang harus dikomunikasikan antar suku.
 

"Terakhir, adalah dialog antara Jakarta dengan Papua," kata Dhandy.

Sumber: medcom.id

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!