HETANEWS

Bahaya Kabut Asap, XL Axiata dan PFI Medan Bagikan Masker Gratis

Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi, beserta Regional Corporate Communication West Region PT XL Axiata, Aldi Desmet saat membagikan masker kepada wisatawan yang berkunjung ke danau toba , (Foto : PFI Medan)

Samosir, hetanews.com - Organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, bersama PT XL Axiata Tbk, melakukan kegiatan sosial dengan membagikan masker secara gratis kepada warga dan wisatawan, di kawasan Danau Toba, khususnya di Kabupaten Samosir, Jumat (20/9/2019).

Kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Provinsi Riau dan Palembang serta di sejumlah Pulau Sumatera, mulai berdampak pada sejumlah daerah, di Sumatera Utara, termasuk kawasan Danau Toba yang diselimuti kabut asap.

Kondisi tersebut, menjadi perhatian dari sejumlah pihak yang sangat prihatin terhadap dampak yang bisa mengganggu kesehatan.

Regional Corporate Communication West Region PT XL Axiata, Aldi Desmet mengatakan, pembagian masker gratis tersebut, merupakan bentuk kepedulian  kepada warga dan wisatawan, di sekitar Danau Toba, agar terhindar dari kabut asap yang mulai menyelimuti Sumatera Utara.

Apalagi, bahaya kabut asap sangat berdampak kepada kesehatan warga, khususnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

 "Kami melihat dalam beberapa hari ini kabut asap yang menyelimuti Sumatera Utara, khususnya di Danau Toba semakin tebal. Kondisi tersebut, dapat berdampak juga pada kunjungan wisatawan, “ujar Aldi.

Sementara itu, Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi berharap, pemerintah daerah segera melakukan kordinasi dengan pihak terkait, dalam rangka sosialisasi dan menghimbau kepada warga untuk mewaspadai dampak cuaca kabut asap dan selalu memakai masker, jika beraktifitas.

"Kondisi cuaca yang dengan kabut asap yang pekat ini sangat, mengkhawatirkan dan berakibat pada penyakit ISPA, sehingga warga diharapkan dapat menjaga kesehatannya,"pungkas Rahmad.

Penulis: pamai. Editor: gun.