HETANEWS

Marinir Lamtamal I Belawan Berenang Dari Perairan Tigaras ke Pelabuhan Simanindo

Perenang dari Marinir Lamtamal I Belawan di perairan Danau Toba, Jumat (20/19)

Simalungun, Hetanews.com - Marinir Lamtamal I Belawan berenang di perairan Danau Toba. Dimulai dari Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun ke Pelabuhan Sanindo Kabupaten Samosir Sumut. 10 perenang berhasil mencapai finish dengan waktu 148 Menit.

Perenang Marinir Lantamal I Belawan memulai start dari Pelabuhan Tigaras, Jumat (20/9/2019) pagi, pukul 08.00 WIB. Para perenang ini dilepas bersama Tim Pendayung Manrinir. Jarak yang di tempuh Tigaras-Simanindo kurang lebih 7 Km.

Ke-10 perenang ini dipandu oleh speed boat dan perahu karet. Perenang juga menggunakan perlengkapan renang seperti pelampung. Dari 10 perenang, waktu tercepat sampai di daratan Simanindo ialah 148 menit, kemudian 152 menit dan 160 menit.

Kapten Marinir Teguh, salah satu perenang memastikan kondisi perairan Danau Toba Tigaras menuju Simanindo dalam keadaan baik. 

"Kondisi baik, saya harapkan Danau Toba kedepan masih tetap menjadi tempat wisatawan domestik atau internasional," harapnya 

Ia juga mengatakan perairan tersebut dapat dapat ditempuh dengan berenang maupun menaiki perahu karet, dengan kondisi peralatan yang memadai.

Masih kata Teguh, air Danau Toba tak seperti air danau lainnya, "Disini [Danau Toba] kondisi kadar oksigennya sangat kecil. Ini merupakan tantangan bagi kami yang basic-nya berenang," kata dia.

Dia menambahkan, kondisi air di tengah danau juga berbeda. Sehingga keadaan itu membuat pencapaian ke daratan semakin sulit. Meski demikian itu tantangan buat mereka.

 "Sampai di tengah, dengan adanya angin dan perbedaan suhu ada juga ombak. Tapi itu tantangan kami para perenang," ungkapnya.

Dari 10 perenang Marinir Lamtamal I Belawan ini, satu perenang yang paling tua adalah Agus. Dia adalah Marinir yang kini berumur 49 Tahun. Para perenang sampai ke daratan Simanindo dengan keadaan sehat seperti semula.

Baca juga: Dari Tigaras, Pendayung Lantamal I Belawan Tempuh Simanindo dalam Tempo 65 Menit

Penulis: gee. Editor: edo.