HETANEWS

Kegiatan Lantamal I Belawan Memotivasi Warga Bangkitkan Pariwisata Danau Toba Tigaras

Warga Tigaras dan Personil Lantamal I Belawan di Pelabuhan Tigaras

Simalungun, hetanews.com - Kehadiran Lantamal I Belawan di Tigaras dalam rangka Bintahwil memberi semangat kepada warga. Selain itu, kegiatan itu untuk memotivasi warga untuk membangkitkan pariwisata di Tigaras pasca tragedi KM Sinar Bangun.

Pdt Edison Panjaitan mengakui pasca tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Tigaras pada 18 Juni 2018 silam, berakibat menurunnya kunjungan wisatawan. 

Selain mendoakan keluarga para keluarga korban, Pdt Edison juga berharap agar warga bangkit dari trauma dan kembali menggalakkan pariwisata alam Danau Toba di Nagori Tigaras.

Baca juga: Memilih Jadi Hamba Tuhan, Jack Marpaung Beri Kesaksian di Pelabuhan Tigaras

"Pasca kejadian itu, kalau malam warga sering mendengar tangisan dan suara gonggongan anjing yang memilukan. Mereka terbawa halusinasi yang mengganggu pikiran," kata Edison, pada acara kebaktian Lantamal I Belawan di pelabuhan Tigaras, Kamis (19/9/2019).

Melalui kegiatan Pelaksanaan pembinaan ketahanan wilayah [Bintahwil] oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut [Lantamal] I Belawan ini, TNI AL, kata Edison telah memberikan penghiburan kepada warga Tigaras.

Pdt. Edison Panjaitan

Ditambahkannya, rangkaian kegiatan Lantamal I Belawan, TNI AL akan berenang dari Pelabuhan Tigaras menuju pelabuhan Simanindo. Kata dia, itu salah satu cara untuk menghilangkan rasa takut akan perairan Danau Toba Tigaras.

"TNI AL akan berenang dari Tigaras ke Samosir. Itu cara supaya masyarakat tidak ketakutan, supaya tidak ada lagi rasa takut lagi menaiki kapal. Semoga besok diberikan kekuatan oleh Tuhan," katanya.

"Terimakasih TNI AL sudah memberikan kepastian kepada masyarakat Tigaras. Dan mudah-mudahan pengunjung yakin kalau kejadian-kejadian itu sudah berlalu," imbuhnya.

Pelaksanaan pembinaan ketahanan wilayah [Bintahwil] oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut [Lantamal] I Belawan, ini juga dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-74.

Rangkaian kegiatan yang digelar selama dua hari ini diantaranya kebaktian bersama warga, Bakti sosial, menabur bibit ikan di Danau Toba Tigaras.

Puncak kegiatan ini aksi berenang mengarungi perairan Danau Toba, rute Pelabuhan Tigaras ke pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir.

Baca juga: Lantamal I Belawan Gelar Bakti Sosial di Tigaras

Penulis: gee. Editor: edo.