HETANEWS

Tingkatkan Kinerja Dosen KDBK dalam Menulis, Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed Gelar Workshop

Foto bersama usai kegiatan workshop.

Medan, hetanews.com - Jurusan Pendidikan Sejarah, FIS Universitas Negeri Medan (Unimed), menggelar kegiatan “Peningkatan Kinerja Dosen KDBK dalam Penulisan Bahan Ajar/ Buku Sejarah”, bagi dosen dan guru SMP/SMA dan Guru PPG, sebagai mitra, di Lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Kamis (19/9/2019).

Acara ini, dibuka Wakil Dekan I, Dr. Deny Setiawan, M.Si, didampingi Dr. Lukitaningsih, M.Hum, Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah.

Dalam sambutannya Dr. Deny Setiawan mengatakan, bahwa workshop ini, bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para dosen dan guru, tentang strategi menulis.

“Dosen saat ini harus menulis buku, penulisan buku ini dituntut sebagai luaran dari penelitian. Semoga nanti, peserta diberi pemahaman dan kiat-kiat menulis serta liku-liku penerbitan buku/bahan ajar,”ujarnya.

Narasumber workshop, Dr. Janner Simarmata, Divisi Teknologi dan Multimedia Pembelajaran – LPPM Unimed, serta Pimpinan Penerbit Yayasan Kita Menulis, memberikan penjelasan tentang prosedur penerbitan buku.

“Dosen harus mengetahui beberapa kriteria dalam memilih penerbit, antara lain, mengenai kepercayaan, kontrak/perjanjian, hak cipta, sistem pembayaran, pangsa pasar, pricing, ISBN dan bidang ilmu terbitan,” katanya.

Dalam mengajar, diperlukan adanya keterampilan menyusun bahan ajar. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melaksanakan proses belajar mengajar, yang juga akan membantu para peserta didik dalam memperoleh bahan ajar yang diampu.

Lebih lanjut, Janner menjelaskan, bahwa dengan semakin banyaknya karya yang dihasilkan dosen Unimed, khususnya buku /bahan ajar, tentunya akan menambah nilai positif dan dapat meningkatkan peringkat Universitas.

Penulis: tim. Editor: gun.