HETANEWS

Gempa 2 Kali Guncang Tuban Dirasakan Hingga Bali, Warga Berhamburan Keluar

Warga Bangli, Bali berhamburan keluar rumah saat gempa mengguncang wilayah itu, Kamis (19/9/2019).

Tuban, hetanews.com – Gempa bumi dengan Magnitudo 5,6 dan 6,0 yang mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dirasakan kuat hingga wilayah Bangli, Bali, Kamis (19/9/2019) sore.

Guncangan gempa tersebut mengakibatkan puluhan pegawai maupun awak media yang sedang beraktivitas di lingkungan Kantor Pemkab Bangli, Bali berhamburan keluar ruangan menyelamatkan diri.

Kasubag Protokol dan Kehumasan Pemkab Bangli, I Nengah Karya Atmaja mengatakan, gempa tersebut terasa sangat keras. “Gempanya cukup keras. Semua pegawai langsung keluar dari ruangan. Semuanya pada lari menyelamatkan diri,” katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa bumi terbaru terjadi dengan kekuatan Magnitudo 6,0, pada pukul 14.31 WIB. Episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 6,43 Lintang Selatan (LS) dan 111,82 Bujur Timur (BT). Pusat gempa bumi berada 58 kilometer (km) Barat Laut Kabupaten Tuban, Jatim, dengan kedalaman 648 km.

Sebelumnya, gempa bumi Magnitudo 5,6 juga terjadi pada pukul 14.06 WIB. Episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 6,40 LS dan 111,84 BT. Gempa berjarak 58 km dari arah Barat Laut Kabupaten Tuban dengan kedalaman 656 km.

Namun, hingga sore ini, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat guncangan gempa bumi tersebut.

Menurut BMKG, gempa bumi di Jatim yang dirasakan hingga Bali dan NTB, disebabkan kedalaman gempa bumi tersebut mencapai 656 km. Sehingga masuk kriteria gempa bumi dalam.

Kriteria gempa bumi dalam kedalamannya lebih dari 300 kilometer. Jika gempa bumi tersebut dalam dan magnitudonya besar, maka dampak guncangan di permukaannya juga luas.

sumber: inews.id

Editor: sella.