HETANEWS

Siantar Sudah Mulai Dikepung Kabut Asap, Dinkes Himbau Masyarakat

Kabut Asap yang sudah mulai menebal di Kota Siantar.(Foto/Tom)

Siantar, hetanews.com - Suasana pagi hingga siang di Kota Siantar hari ini, Kamis (19/09/2019) Matahari tampak tertutup oleh Kabut, terkait hal tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Siantar memberikan himbauan kepada masyarakat.

Berdasarkan penuturan salah seorang warga Tommy Simatupang, hari ini kabut di Kota Siantar sudah semakin parah.

"Hari ini yang terparah memang," katanya.

Tommy berharap agar Pemko Kota Siantar membagikan masker kepada masyarakatnya.

"Memang kurang nyaman kita bernapas, maunya pemerintah membagi-bagikan masker kepada masyarakat khususnya pengendara, dan semoga kebakaran hutan di Riau segera teratasi," harapnya.

Terpisah Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)Dinkes dr Dorlyn Sirait menghimbau kepada masyarkat agar mengurangi aktifitas di luar rumah.

Kabid P2P Dinkes dr Dorlyn Sirait.

"Karena Kabut asap memang bisa menyebabkan iritasi kepada mata, hidung dan tenggorokan, infeksi saluran pernapasan," katanya.

dr Dorlyn Sirait juga menghimbau terkhusus kepada Ibu Hamil, anak-anak, Lansia dan pengidap penyakit saluran pernapasan agar sebisa mungkin mengurangi aktifitas diluar rumah dan menjaga daya tahan tubuh.

"Kalaupun harus keluar rumah pakai masker, perbanyak minum air putih, dan makan sayuran serta buah-buahan," katanya.

Ditanya apakah Dinkes tidak membagikan masker kepada masyarakat, dr Dorlyn Sirait mengatakan jika Dinkes besok, Jumat (20/09/2019) berencana akan membagikan masker kepada masyarakat.

"Kita juga menghimbau kepada Puskesmas akan menyampaikan informasi sebagai perpanjang tangan dari kita kepada masyarakat," katanya.

Penulis: tom. Editor: tom.