HETANEWS

Cibir Jokowi yang Pamer Sepatu Kotor, Walhi Riau: Penyelesaian Karhutla?

Sepatu Presiden Joko Widodo kotor usai digunakan meninjau penanganan kebakaran hutan dan lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau,

Riau, hetanews.com - Sepatu Presiden Jokowi seusai meninjau wilayah kebakaran hutan dan lahan di Riau dipamerkan dalam kondisi kotor.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau menilai, Jokowi maupun menteri-menterinya tidak perlu menunjukkan kondisi sepatu mereka.

Deputi Direktur Eksekutif Daerah Walhi Riau, Fandi Rahman mengatakan Jokowi semestinya bisa memperlihatkan sosoknya sebagai kepala negara untuk menyelesaikan kasus karhutla, bukan pamer sepatu kotor.

Presiden Joko Widodo meninjau penanganan kebakaran hutan dan lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9).  [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]
Presiden Joko Widodo meninjau penanganan kebakaran hutan dan lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau

Baca juga: Viral Sepatu Jokowi usai Kunjungi Kebakaran Hutan di Riau, Ini Penampakannya

"Seharusnya ketika presiden ke sana itu bukan beliau datang untuk kotor-kotor, tapi untuk menyelesaikan. Apa perintahnya terkait proses penyelesaian karhutla ini," kata Fandi di Kantor Walhi Nasional, Jalan Tegal Parang, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019).

Jokowi, kata dia, bukan baru kali ini meninjau langsung hutan dan lahan yang terbakar di Riau. Jadi, Jokowi seharusnya bisa menyampaikan perkembangan hasil perintahnya sebagai kepala negara kepada pihak-pihak terkait, guna menuntaskan kasus karhutla.

"Bagaimana komitmen dia untuk bersikap tegas kepada pejabat-pejabat daerah, semisal kapolda, dandim, itu bagaimana sikapnya," cibir Fandi.

Untuk diketahui, setelah ikut mendampingi Presiden Jokowi meninjau lokasi karhutla, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memamerkan foto sepatu.

Ia mengunggah dua foto di akun resmi Instagram-nya, @pramonoanungw, pada Selasa (17/9/2019) siang.

Kedua foto tersebut tampaknya diambil di lokasi yang sama dan dengan objek yang sama pula. Tampak kaki bersepatu dari empat orang yang duduk di kursi cokelat pada masing-masing foto.

Semuanya mengenakan celana dan sepatu hitam. Dua di antara sepatu itu memiliki aksen garis putih di bagian bawah.

Namun, ada perbedaan mencolok dari kedua foto tersebut, yakni Sepatu-sepatu di foto kedua memiliki bercak cokelat seperti bekas tanah yang kotor.

Menurut keterangan Pramono Anung, kedua foto diambil dalam helikopter khusus kepresidenan, tetapi dalam waktu yang berbeda, yakni sebelum dan sesudah meninjau lokasi karhutla.

Sementara pemilik masing-masing dari empat pasang kaki di foto adalah Jokowi; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono; dan Pramono Anung sendiri.

"Sepatu sebelum dan sesudah kunjungan ke daerah yg terbakar di Pelalawan, Riau. Sepatu Presiden @jokowi, Menko Polhukam @wiranto.official, MenPUPR Basuki dan @pramonoanungw di atas Heli Kepresidenan, mana sepatuku? Yang paling kotor #penangananasap #kerjakerjakerja #riau," tulisnya.

sumber: suara.com

Editor: sella.