HETANEWS

Terbiasa Berpakaian Preman, Polwan Ini Buru-buru Jahit Seragam Saat Ditunjuk Jadi Kapolsek

Kompol Wiwik Haritulasmi

Jakarta, hetanews.com - Namanya Wiwik Haritulasmi dan pangkatnya saat ini adalah Komisaris Polisi (Kompol). Belum lama ini, dia ditunjuk untuk menjadi Kapolsek Ngemplak Sleman, Yogyakarta.

Penugasan tersebut sontak membuatnya kaget lantaran selama masa kedinasan menjadi polwan, Wiwik terbiasa bekerja di lapangan yang nota bene tak diharuskan memiliki seragam dinas layaknya polisi umumnya.

Karena mendapat jabatan kapolsek yang mendadak itu, Wiwik mengaku langsung menjahit baju dinasnya. "Saya kaget, tahu-tahu diamanatkan jadi kapolsek. Saya kan enggak punya baju dinas. Baju saya sebelumnya kaya preman-preman gitukan. Terpaksa harus cepat-cepat ke tukang jahit dan seperti inilah wujud saya kalau pake seragam," ceritanya sambil tertawa.

Namun, di balik perjalanan karirnya yang cukup bagus di kepolisian, ternyata polisi cantik kelahiran 1967 ini, sempat putus asa karena cita-citanya menjadi pramugari tak kesampaian. Tak mau berlama-lama galau, ia lantas 'move on' dan memilih menjadi anggota Polri.

Masa kedinasan Wiwik menjadi polwan terhitug mulai sejak tahun 1988. Pada saat itu lulus pendidikan, Wiwik di tempatkan di kota Palembang.

"Saya pernah di lalu lintas satu tahun kemudian selebihnya di intel sampai pindah ke Polda DIY. Di Polda DIY masuk intel pertama kali di tempat kan pengawas orang asing," kata dia.

Selama masa kedinasanya menjadi polwan, Wiwik mengaku sudah lama bekerja di lapangan sebagai mata-mata kepolisian. Ditengah kesibukannya menjadi Intel, Wiwik tetap meneruskan pendidikan S2 nya di salah satu Universitas Yogyakarta. Hal itu guna menunjang karir kepolisiannya ke depan.

"Dari intel pengawasan orang asing, saya dimutasi ke bidang politik. Saya masuk keamanan negara jadi kanit naik jabatan Kompol kanit disubdit direktorat intelkam Polda DIY," ujarnya.

Setelah cukup lama berdinas di Polda DIY, Wiwik pun mendapat amanah untuk mengemban jabatan sebagai kapolsek Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. (Binsasi)

Selamat bertugas ya Bu Wiwik, semoga amanah!!

Editor: tom.