Siantar, hetanews.com - Sejumlah spanduk maupun banner berisikan himbauan larangan berbuat pungutan liar atau Pungli terpajang di Pengadilan Negeri Siantar terkesan tak mencerminkan kondisi sebenarnya. Hal ini dapat diketahui dari kasus Pungli yang baru-baru ini mencuat ke permukaan.

Baik spanduk dan banner berisikan agar setiap pihak terlebih pegawai pengadilan itu sendiri untuk mengindari korupsi, pungli maupun gratifikasi, dapat ditemui masyarakat ketika berkunjung ke PN Siantar di Jalan Sudirman, Pematangsiantar.

Baca juga: Terkait Pungli, Badan Pengawas MA Datangi PN Siantar

Hetanews mengamati langsung himbauan yang dipajang oleh pengadilan, diantaranya terdapat pada bagian depan gedung pintu masuk berbentuk spanduk dan banner dibagian depan ruang sidang.

Sementara itu baru-baru ini aksi pungli oknum panitera pengganti berinisial HD terhadap warga pemohon ganti nama mencuat ke publik. Adanya kasus ini dinilai berbanding terbalik dengan sejumlah himbauan yang terpasang di pengadilan itu sendiri.

Baca juga: Pungli Oknum Panitera PN Siantar, Pimpinan DPRD Singgung Keinginan Jokowi Soal Pemerintahan yang Bersih

Berikut foto-fotonya:

Spanduk bertuliskan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi terpajang di tembok Bank BRI yang bersebelahan dengan gedung PN Siantar. Foto: BT
Spanduk berisi himbauan larangan Pungli, Korupsi dan Gratifikasi terpasang di depan gedung. Foto: BT
Banner terpajang persis di bagian depan ruang sidang, tepatnya disebelah pintu masuk ruang. Foto: BT