HETANEWS

BUMN Beri KPR untuk Driver Grab, Bisa Nyicil Rumah Hingga Rp 350 Juta

Pimpinan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) berfoto bersama manajemen Grab Indonesia, seusai kerja sama pembiayaan perumahan bagi mitra pengemudi GrabCar. Foto: Dok. Grab Indonesia

Jakarta, hetanews.com - BUMN pembiayaan di bawah Kementerian Keuangan, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, memberikan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi mitra pengemudi GrabCar. Program ini merupakan realisasi nota kesepahaman antara SMF dan Grab Indonesia, yang sebelumnya sudah ditandatangani.

diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan hunian yang layak dan terjangkau untuk masyarakat. Khususnya masyarakat dengan kategori non-fixed income.

“Selama ini untuk bisa punya rumah bagi mereka yang tidak memiliki slip gaji atau non-fixed income, jadi tantangan tersendiri. Kerjasama ini merupakan komitmen SMF, khususnya bagi masyarakat yang belum punya rumah dan selama ini sulit menjangkaunya,” kata Ananta melalui pernyataan resmi, Senin (16/9).

Dia menjelaskan, KPR bagi mitra pengemudi GrabCar ini disalurkan melalui multifinance yang bekerja sama dengan SMF. KPR SMF Grab memiliki suku bunga tetap, sehingga nilai kewajiban angsuran debitur stabil selama waktu pembiayaan.

Melengkapi penjelasan Ananta, Sekretaris Perusahaan SMF, Bonal Subiakto, menambahkan driver GrabCar yang memenuhi persyaratan dapat membeli rumah hingga seharga Rp 350 juta. “Tentunya plafon KPR akan disesuaikan dengan kemampuan mencicil pengemudi. Tapu harga rumah yang kami fasilitasi maksimum di Rp 350 juta,” ujarnya

Layanan GrabCar dari Grab.

Untuk mekanisme pengangsurannya, akan dipotong oleh Grab dari pendapatan harian para pengemudi. Yang menarik, fasilitas KPR yang ditawarkan dengan plafon sebesar itu, bisa didapatkan dengan uang muka atau DP minimal hanya 1 persen.

Saat ini, ada lima pengembangan yang ikut serta dalam kerja sama pemilikan rumah bagi para mitra pengemudi GrabCar dengan SMF. Tapi nantinya, pengemudi GrabCar bisa memilih rumah sesuai yang mereka kehendaki.

“Ada pertimbangan tertentu perihal pemilihan proyek perumahan. Di antaranya harga rumah rata-rata, ketersediaan unit ready stock, spesifikasi bangunan, dan aksesibilitas ke lokasi perumahan,” tandas Bonal.

SMF yang didirikan pada 2005, menjadi kendaraan dengan misi khusus mengembangkan pembiayaan perumahan.

Sumber: kumparan.com

Editor: tom.