HETANEWS

Aktivis HAM HS Dillon Meninggal Dunia

Aktivis HAM HS Dillon.

Jakarta, hetanews.com - Aktivis hak asasi manusia (HAM), Harbrinderjit Singh Dillon, meninggal dunia. Pria yang juga pengamat sosial-ekonomi itu meninggal dunia pada usia 74 tahun di RS Siloam Bali, pada Senin (16/9/2019).

Kabar duka meninggalnya pria yang akrab disapa HS Dillon disampaikan budayawan Putu Setia, lewat akun Twitter pribadinya, @MpuJayaPrema.

"Aktifis HAM dan ahli pertanian, juga budayawan, HS Dillon meninggal dunia di RS Siloam Bali barusan 18.27 wita. Ikut berduka semoga almarhum segera menyatu di alam kedamaian abadi," tulis akun @MpuJayaPrema, seperti dikutip Okezone , pada Senin (16/9/2019).

Aktivis HAM HS Dillon meninggal. (Twitter/@mpujayaprema)

HS Dillon lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 23 April 1945. Pria keturunan India ini pernah menjadi anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pada 1998-2003. Ia juga pernah menjadi anggota tim gabungan pemberantasan tindak pidana korupsi pada 2000-2001.

Selain di bidang HAM, HS Dillon juga concern terhadap sektor pertanian serta kemiskinan. Ia sempat menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan pada 2001. HS Dillon pun pernah menjadi Utusan Khusus Presiden bidang Penanggulangan Kemiskinan saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tepatnya pada 2011-2014.

Beberapa penghargaan pernah diraih oleh HS Dillon, seperti penghargaan Bintang Jasa Pratama, yang dianugerahkan Presiden ke-6 RI SBY pada 2007, serta Global Award dari Priyadarshni Academy Mumbay, India.

Sumber: okezone.com

Editor: tom.