HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Diduga Konsleting Listrik, 2 Rumah Warga Mangunrekso Tambakromo Ludes Terbakar

Babinsa, Babinkamtibmas bersama Petugas Pemadam Kebakaran dan warga setempat membantu memadamkan api atas kejadian dua Rumah warga Dukuh Semangeng, Desa Mangunrekso Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati yang ludes dilalap api, Selasa (16/9/19) pukul 08.30 Wib.

Pati, hetanews.com – Kemarau panjang menambah daftar jumlah kebakaran di Kabupaten Pati, Dua rumah di Dukuh Semangeng RT.02/01, Desa Mangunrekso Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati Selasa (16/9/2019) ludes terbakar. Diduga api berasal konsleting listrik dari salah satu rumah hingga api membakar dua rumah milik warga.

Menurut keterangan salah satu saksi mata Suparto (55th) warga setempat mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 08.30 WIB. Tiba-tiba melihat kepulan asap dari dapur salah satu korban, kemudian saksi melaporkan kejadian ini kepada kades Mangunrekso Agus Sukamto ST untuk menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran.

Saksi lain Sekar (43 th) tetangga korban juga menjelaskan, "kebakaran yang menimpa rumah Rebo (60th) dan rumah anaknya Anik Widyaningsih (43th) diketahui setelah salah satu warga melihat kepulan asap di lokasi kejadian. Warga secara bergotong royong berusaha memadamkan api yang berkobar dengan peralan seadanya sambil menunggu datangnya Mobil Damkar di lokasi kejadian.

“Sebanyak 3 unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Pati dikerahkan  ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api, namun api telah terlanjur membakar dua rumah milik Rebo dan Anik," jelasnya. 

 
Diduga sumber api berasal dari konsleting listrik (arus pendek, karena rumah korban terbuat dari bahan mudah terbakar, dukung musim kemarau dan tiupan angin yang kencang sehingga api dengan cepat membakar dua rumah warga.

Dari keterangan Babinsa Mangunrekso Kopda Joko dan Serda Jais (Piket Koramil) yang saat kejadian ikut membantu memadamkan api menjelaskan, "barang korban yang ikut terbakar diantaranya, satu unit sepeda motor, satu ekor sapi, barang-barang perabotan rumah serta dokumen penting lainnya juga ikut terbakar. Pasalnya korban saat kejadian tidak dapat menyebabkan barang miliknya," jelas Babinsa.

Akibat kebakaran tersebut kerugian ditafsir kurang lebih Rp.300.000.00,- (Tiga Ratus Juta Rupiah) dengan luas bangunan 2 rumah yang terbakar, masing-masing berukuran 11x7m. 

Penulis: Sertu Suwono. Editor: anto.