HETANEWS

Akankah Film Avatar 2 Menggeser Tahta Avengers: Endgame? Ini Kata James Cameron

Sutradara James Cameron

Jakarta, hetanews.com - Sutradara film kawakan James Cameron saat ini sedang sibuk mengerjakan proyek sekuel dari film Avatar (2009) yang sempat bertahta sebagai film paling laris didunia, sebelum digeser oleh Avengers: Endgame (2019) pada Juli lalu.

Cameron mengatakan dirinya tidak sedih atau kesal mendengar kabar tersebut. Justru, hal tersebut membuatnya lega dan menambah optimismenya terhadap industri perfilman.

“Itu memberikan banyak harapan. Endgame adalah bukti nyata bahwa orang masih akan pergi ke bioskop untuk menonton apa yang mereka sukai,” katanya seperti dikutip dari Deadline, Kamis (12/9/2019).

“Hal yang paling membuatku khawatir tentang membuat Avatar 2 dan Avatar 3 adalah bahwa pasar mungkin telah berubah banyak sehingga mereka tidak lagi bersemangat untuk pergi dan duduk di ruangan gelap dengan sekelompok orang asing untuk menonton sesuatu,” imbuhnya.

Sekuel Avatar sebenarnya telah diumumkan sejak Oktober 2010 silam, dan di targetkan rilis pada 2014 atau 2015. Sayang, banyak hal yang terjadi seiring berjalannya waktu dan proses produksi belum kunjung dimulai hingga paruh kedua 2017. Kabar tentang sekuel Avatar pun sempat hilang dari perbincangan.

Kabar terkini muncul setelah Disney mengakuisisi 20th Century Fox awal tahun ini dan mengatur kembali jadwal film yang akan diproduksi beberapa tahun mendatang.

Dalam sebuah catatan yang beredar, diketahui Avatar 2 akan rilis di bioskop 17 Desember 2021 dan Avatar 3 pada 22 Desember 2023. Selanjutnya, film waralaba keempat dan kelima rencananya akan dijadwalkan untuk 2024 dan 2027, tentunya dengan syarat keberhasilan dari film-film sebelumnya.

“Apakah Avatar 2 dan 3 akan menciptakan kesuksesan besar seperti sebelumnya? Siapa yang tahu. Yang jelas kami berusaha. Mungkin akan berhasil atau mungkin tidak, tapi intinya itu bukan hal yang mustahil,” kata Cameron.

Dia menambahkan bahwa saat ini ada lebih banyak alternatif jalan yang bisa diambil untuk merancang dan menghasilkan pengalaman bagi para penggemar. Misalnya melalui layanan streaming dengan format yang berbeda, “Saya senang melihatnya,” ujarnya.

James Cameron bukan nama yang asing dalam dunia perfilman global. Dia telah mengarahkan total 10 film selama kariernya sebagai sutradara sejak 1981. Mungkin, jumlah tersebut bagi sebagian orang bukanlah jumlah yang banyak, tetapi Cameron membuktikannya melalui kualitas.

Dua film paling terkenal yang disutradari olehnya adalah Titanic (1997) dan Avatar (2009). Kedua film tersebut, masing-masing menempati posisi sebagai film kedua dan ketiga paling laris di dunia sepanjang masa. Titanic dengan pendapatan US$2,187 miliar dan Avatar dengan pendapatan US$2,789 miliar.

Dengan demikian, bukan hal yang aneh apabila banyak penggemar film di berbagai belahan dunia menaruh harapan besar pada film Avatar 2 yang tengah digarapnya. Kendati begitu, kita masih harus sabar menanti hingga 2021 mendatang!

Sumber: bisnis.com

Editor: tom.