HETANEWS

LBH PK Melakukan Penyuluhan Hukum Kepada Warga

Simalungun, hetanews.com - Lembaga Bantuan Hukum Perjuangan Keadilan [LBH PK] melakukan penyuluhan hukum kepada warga. Melalui penyuluhan ini diharapkan masyarakat dapat memahami berbagai kasus hukum yang tengah dihadapi.

LBH PK melakukan penyuluhan hukum tentang penyelesaian sengketa tapal batas tanah di Nagori Raya Bayu, Kecamatan Raya. 

Di tempat yang lain LBH PK juga melakukan penyuluhan di Kelurahan Kebun Sayur, Siantar Martoba Kota Siantar dan Nagori Manrayat Bayu, Kecamatan Hutabayu Raja.

"LBH PK bekerjasama dengan Kemenkumham [Kementrian Hukum dan Ham] melakukan penyuluhan hukum secara gratis kepada masyarakat," ujar Reinhard Sinaga, Jumat (13/9/2019).

Divisi penanganan perkara LBH PK ini menambahkan, tujuan penyuluhan ini supaya masyarakat mengetahui serta memahami hukum ketika berhadapan dengan suatu perkara.

Masih kata pengacara LBH PK ini, selama dilakukan penyuluhan ditemukan banyak warga yang minim pengetahuan mengenai hukum. 

Sementara tidak sedikit diantara warga yang menghadapi perkara seperti sengketa tanah dan penanganan kasus hukum tersangka narkotika di Kelurahan Kebun Sayur.

"Kita berharap pemerintah kota/kabupaten juga melakukan penyuluhan-penyuluhan seperti ini. Agar masyarakat tidak buta hukum yang akhirnya dibodoh-bodohi," ucapnya.

Kegiatan penyuluhan hukum ini disambut baik oleh warga. Mereka meminta kegiatan penyuluhan dilakukan ditempat lain. Reinhard berujar, penyuluhan hukum selanjutnya akan dilakukan sesuai lokasi yang ditentukan.

"Ini merupakan perhatian khusus, berhubung di tempat kami Nagori Bayu masih rentan dengan masalah tapal batas. Kami mengapresiasi kehadiran LBH PK. Mudah-mudahan dapat memotivasi kami," kata Kades Nagori Raya Bayu, Jhon Purba.

Penulis: gee. Editor: edo.