HETANEWS

Tolak Eksekusi Lahan, Emak-emak di Toba Samosir Demo Buka Baju

Emak-emak di Tobasa demo (Dok ist)

Medan, hetanews.com - Sejumlah emak-emak melakukan aksi menolak eksekusi di lahan yang berada di Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara (Sumut). Sebagai bentuk penolakan, mereka melakukan aksi buka baju.

Kapolres Toba Samosir AKBP Agus Waluyo membenarkan aksi tersebut. Aksi emak-emak itu, katanya, berlangsung di lahan Badan Otorita Danau Toba. Di lokasi, akan dibangun jalan pariwisata menuju Batu Silali sepanjang 1.900 meter dan lebar 18 meter.

"Di situ akan dibuat jalan untuk di kawasan Badan Otorita Danau Toba," ujarnya ketika diminta konfirmasi, Kamis (12/9/2019) petang.

Dia menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Kamis siang. Lahan tersebut milik negara yang selama ini dikelola pihak kehutanan. Namun di lahan itu ada masyarakat yang menanam tanaman.

"Ada tanam tumbuh, tadi pagi sudah diberikan ganti untung kepada masyarakat yang memiliki tanaman. Jadi tanamannya dieksekusi. Tapi ada sebagian masyarakat ini yang tidak setuju," jelasnya.

Ada tujuh orang yang diberi dana ganti untung dengan jumlah tanaman 1.074 batang dari berbagai jenis tanaman. "Ada sebagian masyarakat yang tidak setuju. Mereka tidak punya tanam tumbuh gimana mau diganti," pungkasnya.

sumber: detik.com

Editor: gun.