HETANEWS

Ini yang Terjadi di Balik Proses Transfer Pemain Manchester United: 15.000 Calon!

Marcus Rashford dan Anthony Martial rayakan gol Manchester United ke gawang Chelsea di Old Trafford, Minggu (11/08/2019).

Manchester United mendatangkan tiga pemain baru pada bursa transfer musim panas ini: Aaron Wan-Bissaka, Daniel James dan Harry Maguire.Meski hanya tiga, proses transfernya cukup rumit.

Mengutip Daily Star, MU jarang memasuki bursa transfer tanpa dihubungkan dengan sejumlah pemain top. Mulai dari target jangka panjang seperti Antoine Griezmann, hingga bocah asal Amerika Selatan yang namanya tidak terdengar.

Faktanya, Starsport juga mengonfirmasi bahwa MU dihubungkan dengan 30 nama di bursa transfer musim panas ini saja. MU punya sistem pencarian bakat untuk memastikan pemain yang tepat.

Apa yang terjadi di balik transfer MU? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

Pencarian Bakat 

Pertama-tama, kepala bidang pencarian bakat MU, Jim Lawlor, dan kepala pencari bakat teknis, Mick Scout beserta Steve Brown mengawasi jaringan pencarian bakat secara luas.

Menurut Fourfourtwo, MU bekerja sama dengan sejumlah analis untuk membuat penilaian teknik didasarkan pada data. Mereka mengumpulkan informasi dari banyak pertandingan di seluruh dunia dan mengamati hingga 15.000 pemain, kebanyakan adalah talenta muda.

Lalu, pada musim gugur, angka itu dikurangi menjadi hanya 50 nama, setelahnya dipotong lagi ketika klub memfokuskan pencarian mereka, jadi 15 pemain saja.

Ole Gunnar Solskjaer kemudian diizinkan menyingkirkan lebih banyak nama untuk memprioritaskan pemain mana saja yang dia butuhkan.

Target MU

Proses selanjutnya, ketika setiap pihak menyetujui nama tertentu, kepala perkembangan korporat, Matt Judge, mulai terlibat untuk bernegosiasi dengan agen.

Solskjaer dan asistennya, Mike Phelan, selalu diajak berdiskusi nyaris di setiap tahap sebelum tercapai kesepakatan. Lalu, bola transfer ini tiba di tangan Ed Woodward yang tinggal memberikan persetujuan terakhir.

Fans MU mungkin tidak mendapatkan pemain bintang musim panas ini, tetapi setidaknya MU sudah mengubah pendekatan mereka pada pembelian pemain-pemain muda berbakat, khususnya bibit asli Inggris.

Sumber: Daily Star

Editor: tom.