HETANEWS

Alexander Marwata: Hanya Orang Goblok Saja Yang Kena OTT

Jakarta - Komisi III DPR RI kembali menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap lima calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini. Capim KPK petahana, Alexander Marwata menjadi kandidat pertama yang diuji oleh Komisi III DPR.

Alexander mengaku tidak bangga dengan banyaknya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan lembaga antirasuah tersebut. Sebab, kata Alex dihadapan Komisi III DPR RI, untuk menggelar operasi senyap KPK tidak butuh teknik yang rumit.‎

"Saya sendiri tidak begitu terkesan dengan kegiatan OTT di KPK meskipun saya ada di dalamnya, karena apa? Karena tidak membutuhkan teknik yang rumit," kata Alex di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Alexander menyampaikan, penyelengara negara dan pihak lain yang terkena OTT hanya orang yang tidak bisa belajar dari pengalaman kasus orang lain yang sudah berperkara di KPK. Alex bilang hanya orang bodoh yang terjaring dalam OTT KPK.

"Kalau boleh saya katakan, hanya orang yang goblok aja yang kena OTT itu," ucapnya.

Ia mengaku pernah berdiskusi secara tidak formal dengan seseorang di KPK yang bertugas di penindakan. Alex menceritakan bahwa orang tersebut memberikan pandangan luas dalam segi pencegahan dan penindakan.‎

Sumber: matatelinga.com

"Saya tanyakan mana yang lebih baik orang itu kita cegah memberikaan uang, kita awasi proses lelangnya, kita pastikan lelang berjalan dengan baik dan benar dan pengusaha yang katanya akan memberikan uang kita larang untuk ikut lelang, atau kita tunggu pengusaha itu sampai memberikan uang kepada penyelenggara negara," kata Alex, menceritakan diskusinya kala itu.

"Kalau seperti itu ya enggak ada OTT Pak Alex," sambung Alex, seraya menirukan ucapan lawan diskusinya dihadapan Anggota Dewan dari Komisi III.

Editor: tom.