HETANEWS

Polisi Tangkap Tersangka Kasus Makar Ketua KNPB Mimika, Steven Itlay di Uncen

Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay. (Foto: Istimewa)

Papua, hetanews.com - Tim Gabungan Satgas Nemangkawi Polri menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay. Steven ditangkap Rabu (11/9/2019) pukul 17.56 WIT di gerbang Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua.

“Steven diduga menggerakkan massa yang berpotensi menimbulkan kerusuhan di Papua pada 29 Agustus 2019,” ucap Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, Steven diketahui membantu mengecek KNPB wilayah, mengatur pergerakan KNPB Mimika, dan menginstruksikan mobilisasi massa.

“Steven mengatur mobilisasi massa dari Sentani dan mengirim instruksi kepada seluruh pinpinan KNPB wilayah,” ujarnya.

Dalam penangkapan, polisi berhasil mengamankan beberapa barang yakni 4 telepon seluler (ponsel), uang tunai Rp5,5 juta, 1 flash disk, dan 1 mobil yang digunakan tersangka.

Dia menjelaskan, berdasarkan catatan kepolisian, Steven pernah tersandung beberapa kasus kriminal. Beberapa kasus tersebut yakni, kepemilikan bahan peledak pada 19 Oktober 2012 dan terlibat kasus makar pada 5 April 2016 hingga divonis delapan bulan penjara.

“Steven juga berstatus buronan atau DPO pada kasus makar sejak September 2018, atas pengembangan kasus makar WNA atas nama Yacob Febian,” katanya.

Kepolisian Daerah (Polda) Papua sebelumnya juga menangkap Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Buchtar Tabuni. Buchtar sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus makar.

Kapolda Papua Irjen Polisi Rudolf Rodja mengatakan, polisi menangkap Buchtar Tabuni pada Senin (9/9/2019) lalu di salah satu tempat di kawasan di Waena, Papua. Saat ini yang bersangkutan masih diperiksa penyidik di Mapolda Papua.

sumber: inews.id

Editor: sella.