HETANEWS

Kantor KSOP Tanjungbalai Asahan Lakukan Bersih-bersih Sampah di Aliran Sungai

Pembersihan sampah di laut dan pantai oleh KSOP Tanjungbalai Asahan.

Tanjungbalai, hetanews.com - Menyambut Harhubnas yang jatuh, pada 17 September 2019 mendatang, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Tanjungbalai Asahan, melaksanakan kegiatan bersih – bersih, di sekitar Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai, pada Kamis (12/9/2019).

Selain itu, pembersihan laut dan pantai, juga mereka lakukan, dengan membersihkan sampah, seperti tumbuhan eceng gondok yang banyak tumbuh, di aliran sungai, sekitar pelabuhan tersebut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai Asahan, Afrizal Tanjung ST, M.MTr, dalam kesempatan itu  mengatakan, bahwa  kegiatan ini dinamakan gerakan bersih laut dan pantai.

Amanat dari Dirjen Perhubungan Laut untuk peringatan Harhubnas, ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih laut dan pantai yang dilakukan Kementerian Perhubungan, melalui Ditjen Perhubungan Laut, diharapkan dapat mengurangi sampah plastic, katanya.

Dengan kegiatan ini, juga diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat, yang tadinya menganggap laut adalah halaman belakang rumah  dan akan bertukar, menjadi halaman depan rumah kita yang bersih dan indah, ucapnya.

Secara otomatis  perubahan pola pikir tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut semakin meningkat, katanya lagi.

“Jadi ini komitmen dari masyarakat laut Indonesia untuk membersihkan laut yang bisa memberikan inspirasi bagi kita dan wisatawan yang datang ke Indonesia,” ucapnya dalam kegiatan apel, di Depan Kantor KSOP tersebut.

Kegiatan ini, diikuti oleh seluruh pegawai di kantor KSOP tersebut, dan turut serta juga instansi vertikal lainnya, seperti Bea dan Cukai, Imigrasi, Karantina Pertanian, Karantina Ikan, Kantor kesehatan Pelabuhan,  Pelindo,  KP3 Teluk Nibung, TKBM,  Karyawan PT Pelayaran dan lain sebagainya.

Afrizal Tanjung menuturkan, sesuai arahan dari Menteri Perhubungan, bahwa  ke depannya Kementerian Perhubungan akan membuat SOP untuk seluruh kapal-kapal agar tidak membuang sampah di laut. Selain itu, juga sampah plastik harus bisa didaur ulang, agar tidak berbahaya sebelum dimusnahkan.

Sebagai informasi, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan serentak di 260 Pelabuhan se-Indonesia dan telah memecahkan rekor MURI.  Kegiatan merupakan rangkaian acara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019.

Diharapakan pada tahun 2025, sampah plastik di laut Indonesia dapat berkurang hingga 70 persen. Total peserta mencapai 100.000 orang di seluruh Indonesia.

Penulis: ferry. Editor: gun.