HETANEWS

Anak Habibie di Pemakaman: Semoga Bapak dan Ibu Bersatu di Akhirat

Putra pertama Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie, menyampaikan pidato saat pemakaman ayahnya itu di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Jakarta, hetanews.com - Ilham Akbar Habibie, putra pertama Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie menyampaikan pidato saat pemakaman ayahnya itu di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Dalam pidatonya, ia berharap Habibie bisa kembali bersatu dengan ibunya, Ainun Habibie.

Ilham mengatakan, terdapat hal yang menenangkan meskipun kematian ayahnya itu mendatangkan duka untuk keluarga dan negara. Hal tersebut adalah bisa bertemu kembali kedua pasangan suami istri itu.

"Ini adalah yang suatu hal yang mengahangatkan kita dalam duka ini. Mereka bisa bersatu di akhirat," ujar Ilham di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019).

Menurut Ilham, pertemuan kembali dengan Ainun merupakan sesuatu yang diingkan Habibie sejak Ainun wafat 9 tahun lalu. Habibie disebutnya selalu berdoa dan berziarah ke pusara Ainun setiap hari Jumat.

"Bapak tiap hari tahlilan, tiap hari Jumat datang ke makam dan berdoa. Begitu setia bapak dengan ibu," kata Ilham.

Habibie kini telah dimakamkan tepat di sebelah pusara istrinya itu. Ilham berharap kedua orang tuanya itu bisa terus bersama meskipun tidak lagi di dunia.

"InsyaAllah mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi allah swt, di surga, di akhirat, di alam baka," pungkasnya.

Upacara pemakan Habibie dilakukan secara militer. Presiden RI, Joko Widodo menjadi inspektur upacara pemakaman tersebut.

Para menteri beserta Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mendampingi Jokowi selama menjadi inspektur. Pemakaman dimulai sekitar pukul 13.35 WIB.

Diketahui, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie telah menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke 83. Habibie wafat di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Putra kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengatakan ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB. Ia menyebut penyebabnya adalah faktor usia.

"Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

sumber: saura.com

Editor: sella.