HETANEWS

Bak Lagu 'Sayur Kol', Kepsek di Batubara ini 'Terheran-heran' Saat Kadisdik Sidak Sekolahnya

Plt Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus (kacamata) dan Kepsek SD Negeri 010168 saat mengelilingi sekolah setempat. Tampak pada gambar kondisi toilet yang jorok dan dipenuhi dengan puntungan rokok. (Foto/Ist)

Batubara, hetanews.com - Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus, didampingi Kasi Kesiswaan Bidang Dikdas, Rotua Pulungan, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 010168 Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram, Rabu (11/9/2019).

Sontak saja, warga sekolah dan perangkat sekolah 'terkaget-kaget' dan dengan spontan para guru setempat memasang muka 'manis', ketika mengetahui sosok yang datang tersebut adalah Plt Kadisdik Batubara.

Di saat yang sama, Kepala Sekolah, Arfan yang kala itu sedang berada di ruangannya, seketika  merasa 'terheran-heran' bak lagu 'sayur kol' dan langsung keluar menemui sang 'penguasa' di dunia pendidikan se-Kabupaten Batubara itu.

Usai berdiskusi sejenak di halaman sekolah, Ilyas langsung mengajak Arfan untuk mengelilingi lingkungan sekolah dan terakhir meninjau toilet sekolah setempat.

Alangkah terkejutnya, eks Kepala Biro Setda Provinsi Sumut ini, saat melihat kondisi toilet sekolah yang sangat memprihatinkan.

Ia sangat menyayangkan toilet-toilet sekolah yang berjumlah 4 bilik itu dalam keadaan tak berfungsi dan semuanya tertutup pasir dan bebatuan, serta terdapat puluhan puntungan rokok didalamnya.

Ilyas mengatakan, secara fisik toilet tersebut cukup baik dan sangat baik jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain yang sudah dikunjunginya, namun toilet ini tidak mendapat perhatian serius oleh pihak sekolah di bawah kepemimpinan Arfan.

Mendapat 'kicauan' halus dari sang 'raja', Arfan pun berjanji akan segera memperbaiki dan memprioritaskan toilet tersebut agar berfungsi dengan baik. Apalagi, menurutnya, sekolah yang dipimpinnya itu, pada tahun 2019 ini, juga memperoleh dana alokasi khusus.

Terakhir, Arfan memberikan 2 (dua) set bundel laporan bulanan kepada Ilyas dan langsung memperhatikan laporan bulanan yang diberikan kepsek tersebut.

Setelah melihat laporan tersebut, Ilyas menyarankan, agar mulai bulan Oktober 2019, para warga sekolah, terutama kepala sekolah, para guru dan staf di sekolah tersebut untuk memperbaiki dan menyesuaikan tembusan laporan bulanan.

"Laporannya sudah baik, namun masih perlu diperbaiki dan kedepan laporan ini dapat disesuaikan dengan tembusan yang telah saya beri masukan sebelumnya kepada Pak Arfan, selaku Kepsek disini,"pungkas Ilyas.

Penulis: rendi. Editor: gun.