HETANEWS

Presiden Jokowi Janji 1.000 Sarjana Papua Jadi Pegawai BUMN dan Swasta Besar

Presiden Joko Widodo (kanan) menerima dokumen saran dari perwakilan tokoh Papua Abisai Rollo (kiri) dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Pertemuan tersebut membahas isu-isu terkini di Papua.

Jakarta 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menerima tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara. Dalam pertemuan itu, presiden berjanji memberikan kesempatan kepada 1.000 sarjana untuk bekerja di BUMN dan perusahaan swasta besar.

"Akan saya paksa karena kalau lewat prosedur nanti kelamaan. Jadi kewenangan saya, saya gunakan untuk bisa menerima yang baru lulus mahasiswa dari tanah papua. Sementara siang hari ini, 1.000 dulu," kata presiden, Senin (10/9/2019).

Selain itu, Presiden juga berjanji akan mengatur kembali posisi PNS , termasuk penempatan di provinsi-provinsi lain. Pengaturan tersebut termasuk dilakukan terhadap jajaran eselon I, II, dan III di kementerian/lembaga.

"Kalau tidak lewat proses percepatan afirmasi seperti itu memang kompetisinya ketat sekali," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Siang ini, Jokowi kembali menerima 61 tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat di Istana Negara. Dalam pertemuan tersebut, dia didampingi Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Sumber: inews.id

Editor: tom.