HETANEWS

Kesbangpol Minta Ormas Segera Lapor Berkas Tahunan

Ifonny Donny Siregar.

Siantar, hetanews.com - Badan Kesbangpol Kota Pematangsiantar menghimbau kepada seluruh pengurus ormas yang telah terdaftar di Kesbangpol segera lapor berkas tahunan atau meregistrasi ormas-nya masing-masing. Registrasi ormas ini dilakukan setiap tahun.

Hal itu disampaikan oleh  Kabid  Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Organisasi Kemasyarakatan, Ifonny Donny Siregar.

"Bulan April sampai Mei, yang melaporkan berkas-nya atau meregistrasi kemarin masih 20 ormas dari 70 ormas yang terdata. Pengajuan berkas laporan itu wajib dilakukan setiap tahun," kata Ifonny, ditemui diruang kerjanya, Selasa (10/9/2019).

Selain mengetahui pergantian pengurus organisasi kemasyarakatan [ormas], Badan Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbangpol] juga dapat mengetahui ke-aktifan ormas tersebut.

"Kalau tidak merigistarasi ulang, dikhawatirkan ormas tersebut terbentur pengurusan organisasi seperti pengajuan proposal kegiatan," katanya.

Ifonny menjelaskan, pada tahun 2018 ada sebanyak 17 Ormas yang bergerak dibidang kepemudaan, agama, budaya dan sosial yang mengajukan proposal untuk menyelenggarakan kegiatan. 

Pada tahun 2019 ini, jumlah ormas yang mengajukan kegiatan berjumlah 17. "Mereka [Ormas] buat proposal kegiatan dulu, baru dicairkan anggaranya. Setelah itu mereka membuat laporan pertanggungjawaban," ucapnya.

Dari data 70 ormas yang tercatat, diantaranya telah memiliki SKT Kemendagri dan SK Menkumham. Selain itu ada 13 Ormas yang berkedudukan di Kota Pematangsiantar. Terakhir ada juga Ormas yang masih dalam keadaan sengketa atau dualisme ke-pengurusan, seperti KNPI Pematangsiantar.

Penulis: gee. Editor: edo.