HETANEWS

Digugat 261 Lulusan SKD CPNS Rp 3,9 M, Ini Respons Menpan

MenPAN RB Syafruddin (Foto: Rengga Sancaya)

Makassar, hetanews.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin merespons gugatan secara perdata oleh 261 orang yang mengaku sudah lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018. Syafruddin menyebut nantinya mereka tetap akan dipakai dan akan kembali mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Nanti tetap di pakai. Itu karena mereka tidak tahu," kata Menpan RB, Komjen Purn Syafruddin, di Kampus UMI Makassar, Senin (9/9/2019).

Syafruddin menyebut 261 CPNS 2018 tersebut sudah dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar (SKD). Ia pun akan melakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

"Itu yang 261 kan itu kan baru lulus SKD, SKB nya belum, nanti digratiskan nanti ini dia bisa dia ikut dia tidak tes SKB gratis dia tidak ikut lagi, hanya tes SKB," jelasnya.

Sebelumnya, Menpan RB Syafruddin Kepala BKN Bima Haria Wibisana serta Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) digugat secara perdata oleh 261 orang yang mengaku sudah lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018. Para penggugat meminta ganti rugi imateriil senilai Rp 3,9 miliar.

Salah satu penggugat, Mifta, mengatakan dirinya dirugikan dengan adanya Permenpan RB nomor 61 tahun 2018 yang diterbitkan pada tahapan seleksi. Dia awalnya mengaku sudah dinyatakan lulus berdasarkan Permenpan RB nomor 37 tahun 2018.

Namun menurutnya, Permenpan RB nomor 61 tahun 2018 tersebut membuat dirinya rugi. Dia menyebut aturan itu tidak lagi mengikuti standar passing grade tapi dengan cara menyaring kembali dengan rangking kepada mereka yang tidak lulus, sehingga dia mengaku dirinya yang awalnya lulus passing grade gagal menjadi PNS akibat tindakan para tergugat.

sumber: detik.com

Editor: gun.
Komentar 5
  • BeTy LaVea
    Mungkin terlalu banyak rapat RDP yg bapak hadiri.. tp gpp klo bpk lupa.. biar mereka mengingatkan.. P1TL sudah melalui tahap SKD dan SKB bapak.. tinggal tahapan terakhir yaitu PEMBERKASAN
  • Rias Kusumawati
    Kami sdh melewati tahap SKD dan SKB. Seharusnya kami lanjut pemberkasan..save P1/TL
  • Afti Trilaksani
    P1TL sudah melewat skd dan skb lanjut ke tahap pemberkasan. #saveP1TL
  • Tikaindah
    P1 TL sudah melalui tahap SKD dan SKB bapak, seharusnya lanjut penberkasan
  • melani sistiara
    Helooo bapak mentri yang terhormat!!! Standar ganda dan tidak ad kepastian hukum dalam tes cpns 2018 kmren yg membuat tes itu carut marut!!! 298 menjadi angka kumulatif sungguh diluar logika.sehingga hak kami ter zolimi oleh P61...ATURAN Perpindahan t4 sudah diatur sejelas2nya.tolong panselnas baca lagi aturan yg kalian buat...

    Ingat ya kami sudah SKD DAN SKB???

    dan yg lebih parah knpa tidak lulus SKD BISA dpt SK?? sedang kami tidak....kami lulus looo dlam P36 dan 37 yang lahir lebih dulu seblm tes dimulai... ad apa ini??? Jgn krna bnyak t4 kosong dijadikan alasan semau2 dlm membuat aturan....!!!