HETANEWS

DPD LSM-LIRA Tebingtinggi Buka Posko Pengaduan Pungli

Ketua DPD LSM-LIRA Tebingtinggi, Ratama Saragih saat bersama Abyadi Siregar, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara. (Foto/WH)

Tebingtinggi, hetanews.com - Lembaga Swadaya Masyarakat - Lumbung Informasi Rakyat (LSM-LIRA) Kota Tebingtinggi, dibawah komando Ratama Saragih yang juga Wali Kota non APBD ini, membuka posko pengaduan masyarakat anti pungli secara online.

Hal itu dibenarkan Ratama Saragih, saat dikonfirmsi  Hetanews.com, Senin (9/9/2019), di Tebingtinggi.

Dikatakan, posko pengaduan masyarakat ini, dibuka sebagai tindak lanjut dari hasil diskusi publik, yang diselenggarakan Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara, Sabtu (7/9/2019), lalu, di Medan.

“Selain sebagai Lembaga NGO, LSM - LIRA juga sebagai jejaring Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara. Tupoksi-nya adalah membantu Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara dalam menumpas praktek mall administrasi yang dilakukan Pejabat Pemerintah dan BUMN, di wilayah Sumatera Utara,"kata Ratama.

Posko pengaduan ini, lanjutnya, akan menampung semua keluhan, dan kerugian, yang dialami masyarakat sebagai akibat perilaku pungli dari pejabat, oknum di lingkungan lembaga, sekolah, instansi Pemerintah maupun BUMN, khususnya Sekolah-sekolah yang berplat merah alias Sekolah Negeri, khususnya di kota Lemang (Tebintinggi,red).

Masih katanya, masyarakat tanpa terkecuali bisa mengirim Laporan Pengaduan ka posko pengaduan pungli secara online, dalam waktu 1 x 24 jam, dengan mengirimkan surat laporan, lengkap dengan bukti - bukti awal, baik berbentuk surat, foto/gambar, audio/rekaman, atau video kepada Posko Pengaduan, yakni ke nomor WA.082273887399: 081370734581, email: ratamasaragih@gmail.com, SMS: 081536835838 yang kemudian Team Investigasi LSM-LIRA Tebingtinggi akan segera menindaklanjuti laporan warga tersebut, sesuai standart operasi penyelesaian mall adiministrasi Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara.

Jika sifatnya mendesak, maka akan diambil reaksi cepat, tegasnya. Ratama Saragih, optimis posko itu bisa mengurangi jumlah korban pungli.

Bahkan jika ditemukan dua alat bukti yang mengarah pidana, maka sudah tentu akan dibawa ke ranah hukum.

Ratama Saragih meminta masyarakat jangan takut melaporkan atau mengadukan pelaku pungli dan mall administrasi.

Penulis: wh. Editor: gun.