HETANEWS

Kota Tebingtinggi Peringati Haornas ke-36 Tahun

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan, pada Peringatan Hari Olahraga Nasional di Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, hetanews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi menggelar upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke - 36 tahun, dengan tema 'Ayo olahraga, dimana saja, kapan saja', dengan pembina upacara Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, Senin (9/9/2019) pagi, di Lapangan Sepak Bola Ramlan Yatim, jalan Gunung Lauser, Kota Tebingtinggi.       

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua I DPRD Tebingtinggi, M Hazly Azhari Hasibuan, Sekdako H, Marpusuk Siregar, mewakili Kapolres Tebingtinggi, Dandim 0204/DS, Kajari Tebingtinggi, Kakan Kemenag, Danramil 13, para pimpinan OPD, Camat serta Lurah dan para peserta upacara pelajar se- Kota Tebingtinggi.        

Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) RI, Imam Nahrawi melalui Wali Kota, menyampaikan, bahwa pembangunan didalam olahraga tidak hanya jasmani saja, tetapi juga rohani.

Karena dengan sehat rohani berarti kita telah mendukung kebijakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang revolusi mental, serta SDM unggul Indonesia maju, katanya.

Selanjutnya, pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada Perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang, Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Dan seperti yang kita ketahui, bahwa tahun 2018, pada perhelatan Asian Games dan Asian Paragames, kita juga mendapat kado yang istimewa dari para atlit nasional, peringkat ke 4 pada ajang Asian Games 2018, dengan perolehan 98 medali, yang terdiri dari 31 medali emas dan 24 medali perak serta 43 medali perunggu.

Dan yang lebih membanggakan lagi, atlit disabilitas juga mampu mencatatkan sejarah baru, dimana kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu. Ini pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlit unggulan dan atlit disabilitas.

"Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang,"sebut Menpora.

Dan tahun ini, kita telah menyiapkan atlit-atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo. Cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpide 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan mampu melampaui target yang ditentukan.

Selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.        

Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan. Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah, maka dengan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.        

Diakhir sambutannya, Menpora RI mengucapkan selamat memperingati Haornas ke-36, semoga kedepan semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat mencintai olahraga dan memposisikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat dan bugar. Dan melalui peringatan ini kita kuatkan lagi olahraga prestasi untuk menuju pentas yang lebih besar yakni di Olimpiade dan Paralimpiade nanti.

Kegiatan peringatan Haornas ini, turut diwarnai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pengurus cabang olahraga di Kota Tebingtinggi serta penyerahan tali asih kepada para atlit berprestasi yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan.

Penulis: rps. Editor: gun.