HETANEWS

Polisi Himbau Warga Proaktif, Kembali Temukan "Biawak" di Pasar Horas

FS diamankan polisi. Foto: ist

Siantar, hetanews.com - Polisi menghimbau masyarakat untuk proaktif demi keamanan dan kenyamanan bersama saat beraktifitas di pasar tradisional Pasar Horas (PH). Himbauan disampaikan pasca-polisi kembali mengamankan biawak dari lokasi.

Adapun orang tanpa mengantongi identitas dan diduga pelaku premanisme yang disebut biawak -istilah polisi- diamankan dari halte angkutan kota (Angkot) di seputaran pasar, Minggu, 8 September 2019.

Kepala Subsektor PH, Aipda Jeffri H Siregar mengatakan, FS warga Pasar Sore, Kel Tomuan, Kec Siantar Timur, diamankan saat gelar patroli rutin bersama petugas Trantib PD Pasar Horas Jaya.

Dijelaskannya, pria berumur 29 tahun itu terlihat kebingungan saat disambangi, terlebih saat petugas menanyai tujuannya di pasar.

"Kartu pengenal juga gak punya, maka kita bawa ke pos untuk identifikasi identitasnya," katanya.

Baca juga: Laporkan! Pembuat Onar di Pasar Horas

Jeffri bersama sejumlah petugas Trantib PD Pasar Horas Jaya saat melakukan patroli. Foto: ist

Jeffri mengakui masih adanya sejumlah orang yang nekat pergi ke pasar tanpa membawa kartu pengenal seperti KTP. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat tak menyepelekan kegunaan kartu tersebut, terutama bepergian ke luar rumah. Sesuai aturan wewenang polisi mencurigai seseorang, termasuk orang tanpa identitas.

"Bawa aja kartu pengenal setiap kemari dan jelaskan yang masuk akal tujuannya datang kesini," himbaunya.

Patroli rutin terus dilakukan petugas demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), termasuk dari ancaman 3C (Curat, Curas dan Curanmor). Aipda Jeffri mengatakan, pentingnya kerjasama masyarakat membantu polisi dalam hal informasi.

Masyarakat dapat menghuhungi nomor 082167997747/ 081260596879, apabila menemukan dugaan pelaku kejahatan.

Penulis: tim. Editor: bt.