HETANEWS

Satu-satunya di Indonesia, 2 Pasang Suami-Istri Akan Dilantik Bersamaan Esok

Rosmansyah - Nur Anisah Pulungan. (Foto/FB)

Asahan, hetanews.com - Pemilihan umum presiden dan legislatif (Pileg dan Pilpres) 2019, telau usai dihelat, dan kini para 'jawara' Pemilu tersebut, hanya tinggal menunggu pelantikan.

Pasangan pemenang Pemilu Capres-Cawapres, H. Joko Widodo - K.H. Ma'aruf Amin, dipastikan akan dilantik, pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Sesuai petunjuk dari KPU RI, hari dan tanggal pelantikan DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota, dikembalikan kepada otoritas daerah masing-masing.

Di Kabupaten Asahan sendiri misalnya, berdasarkan musyawarah antar instansi, maka diputuskan pelantikan Anggota DPRD Asahan, periode 2019 – 2024, ditetapkan besok, Senin (9/9/2019).

Fakta unik yang berhasil dihimpun hetanews.com, dua pasangan suami-istri dari partai yang sama, namun berbeda daerah pemilihan (Dapil), terpilih sebagai Anggota DPRD Asahan untuk periodesasi 5 tahun kedepan.

Armen Margolang - Yenni Manik. (Foto/FB)

Adalah Rosmansyah - Nur Anisah Pulungan dan Armen Margolang - Yenni Manik, dua pasangan suami-istri yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), yang melenggang bebas, setelah melalui perjuangan panjang menuju kursi yang banyak diingini khalayak itu.

Untuk diketahui, pada saat itu Rosmansyah maju dari Dapil Asahan VI, meliputi Kecamatan Tinggi Raja, Kecamatan Buntu Pane, Kecamatan Setia Janji, dan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, dengan raihan sebanyak 5.328 suara.

Sedangkan sang istri, Nur Anisah Pulungan, berkompetisi di Dapil Asahan II (Dua), meliputi Kecamatan Air Joman, Kecamatan Silau Laut dan Kecamatan Tanjung Balai dengan perolehan suara sebesar 4.043.

Sementara itu, Armen Margolang, bersaing di Dapil Asahan V (Lima), meliputi Kecamatan Sei Kepayang, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Kecamatan Sei Kepayang Timur dan Teluk Dalam, meraih 5.179 suara.

Terakhir, Yenni Manik yang ikut berkompetisi di Dapil Asahan VII (Tujuh), meliputi Kecamatan Sei Kepayang, Pulau Rakyat, Bandar Pulau, Aek Kuasan, Aek Songsongan, Rahuning dan Aek Ledong ini, meraih 3.607 suara.

Ketua GM Pekat IB Sumut, Khairul Anhar Harahap. (Foto/Ist)

Kendati demikian, Rosmansyah yang juga Ketua DPC PDI-P Asahan, mengaku tak lantas berpuas diri dengan capaiannya hari ini dan akan terus melakukan aksi nyata, serta berkomitmen dengan janji-janji politiknya.

"Di pelantikan besok, istri saya memang perdana menjadi Anggota DPRD Asahan, dan itu semua ril (murni, red) berkat dukungan masyarakat di dapil kami masing-masing,"ujarnya saat ditemui hetanews.com, di Kisaran, Minggu (8/9/2019) sore.

Terpisah, senada dengan Rosmansyah, Yenni Manik, istri dari Armen Margolang yang juga Bendahara DPC PDIP Asahan itu mengatakan, dirinya bersama sang suami sudah 3 periode menjadi anggota DPRD Asahan, sejak tahun 2009 lalu.

"Besok adalah kali ke-3 (tiga) saya dan suami, dilantik menjadi anggota DPRD Asahan, dan juga perlu saya tegaskan, ini murni atas dukungan masyarakat," ucapnya saat dihubungi hetanews.com, melalui sambungan telepon, Minggu (8/9/2019).

Ketua GM Pekat IB Sumatera Utara, Khairul Anhar Harahap, ketika dimintai komentarnya mengatakan, pencapaian dua pasangan suami-istri tersebut, merupakan 'sejarah' yang pantas untuk dicatatkan bagi kader terbaik partai berlambang moncong putih tersebut.

"Sepertinya bisa masuk rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia, red). Soalnya satu-satunya di Indonesia. Wali Kota termuda ada di Tanjungbalai, 2 pasangan Anggota DPRD, ada di Asahan, bukankah begitu?," kelakar Irul, sapaan akrabnya saat dihubungi.

Penulis: rendi. Editor: gun.