HETANEWS

Moeldoko Usul Transportasi di Ibu Kota Baru Pakai Kendaraan Listrik

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Jakarta, hetanews.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengusulkan agar kendaraan listrik bisa digunakan di ibu kota baru di Kalimantan Timur. Dengan begitu, kondisi udara bisa lebih bersih.

Moeldoko menilai, ibu kota baru bisa menjadi contoh bagi negara-negara lain, terutama daerah-daerah wisata yang menjadi tempat berkumpulnya para turis.

"Sebaiknya (ibu kota) mesti mobil listrik, kemarin Pak Presiden menuju ke daerah-daerah wisata di Toba dan daerah-daerah lain diharapkan mobil listrik semuanya, agar wisatawan yang ke sana betul-betul bisa menikmati udara yang bersih," katanya di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Untuk itu, Moeldoko berharap seluruh infrastruktur pendukung mobil listrik bisa dikembangkan, termasuk stasiun pengisian listrik umum (SPLU) atau charging station. Peran pemerintah daerah dan instansi terkait penting untuk mewujudkan hal ini.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza mengatakan, instansinya siap menyediakan ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir. Ekosistem perlu dibuat agar masyarakat nyaman menggunakan kendaraaan listrik.

Hammam mengakui kesiapan Indonesia dalam bidang teknologi kendaraan listrik cukup tertinggal di negara-negara lain, terutama negara yang sudah tahap komersialisasi kendaraan listrik. Oleh karena itu, ketertinggalan ini harus dikejar dengan tetap mengandalkan produk dalam negeri.

sumber: inews.id

Editor: sella.