HETANEWS

Ini Peran Benny Wenda, Aktor Intelektual di Balik Kerusuhan Papua

Papua, hetanews.com - Pemerintah dan pihak TNI-Polri terus memantau situasi Papua pasca kerusuhan. Saat ini kondisi Papua sudah kembali normal.

Pemerintah menyebut aktor di balik kerusuhan Papua adalah Benny Wenda. Tak hanya itu, setelah diselidiki terungkap peran Benny dalam kerusuhan tersebut. Apa peran Benny Wenda? Berikut ulasannya:

  • Pemberi Informasi Palsu

Benny Wenda merupakan tokoh Papua yang memiliki pengaruh cukup kuat. Benny kerap kali menyebarkan informasi palsu, khususnya ke luar negeri. Hal itu karena dia sangat memahami luar negeri.

"Kalau Benny Wenda ini sejak dulu aktivitasnya sangat tinggi, sangat memahami luar negeri termasuk memberikan informasi palsu, dan kita sudah tahu memang. Mereka selalu melakukan provokasi di luar negeri, seakan-akan Indonesia tidak mengurus Papua-Papua Barat," kata Menko Polhukam Wiranto, di kantornya, Jakarta, Senin (2/9).

Baca juga: Siapa Benny Wenda, Tokoh Papua Disebut Moeldoko Aktor di Balik Kerusuhan?

  • Bagian dari Konspirasi

Pemerintah melalui Menko Polhukam Wiranto menyebut, Benny Wenda bagian dari konspirasi untuk menjatuhkan citra pemerintah Indonesia. Benny menggambarkan seolah-olah pemerintah menelantarkan rakyat Papua. Padahal sejatinya, pemerintah selalu memperhatikan Papua.

"Saya kira benar Benny Wenda adalah bagian dari konspirasi untuk masalah ini, tetapi kita harus lawan dengan kebenaran, fakta dan biasanya provokasi yang tidak benar dan menyesatkan, hanya dapat dibantah dengan fakta," kata Wiranto.

  • Provokasi di Media Sosial

Tokoh Papua, Benny Wenda disebut sebagai aktor dari kerusuhan Papua. Benny diduga aktif memprovokasi di media sosial. Dia juga kerap menyebarkan informasi palsu soal Papua ke dunia internasional.

"Aktif memprovokasi dan agitasi di medsos," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (3/9).

sumber: merdeka.com

Editor: sella.