HETANEWS

Warga Parlondut Gotong Royong Perbaiki Jalan Longsor

Jembatan yang berada di Dusun 1, Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, kini sudah bisa dilalui oleh warga yang dikerjakan secara gotong royong. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Pasca longsornya akses jalan utama Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, beberapa hari yang lalu, membuat warga semangat memperbaikinya, yang menghubungkan 4 kampung, seperti, Huta Sosor Nangka, Lumban Julu, Parnamurukan, Lumban Galung, dan Handewan sekitarnya.

Seperti diketahui, jalan tersebut tadinya nyaris tidak bisa dilalui, baik roda dua maupun roda empat.

Sehingga warga harus memutar, mengambil jalan alternative, melalui Desa Siating-ating dan Pardugul.

Pantauan hetanews.com, Selasa (3/9/2019), pukuk 10.00 WIB, jalan tersebut sudah diperbaiki masyarakat Parlondut, secara bergotong royong, pada Minggu dan Senen lalu, tanpa menunggu bantuan dari Pemkab Samosir.

Jalan ini sangat penting bagi masyarakat karena setiap harinya dilalui.

Kini jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan bermotor,  berkat kerjasama yang dilakukan warga.

Plh Kades Parlondut, Tumbor Tua Bondar, ketika disambangi wartawan, di kantornya mengatakan,  perbaikan jembatan itu dilakukan warga dengan swadaya, khususnya Dusun 1, bersama Pemerintah Desa Parlondut.

Saat  gotong royong kemarin itu, tidak ada dari dinas terkait (Pemkab Samosir,red) yang datang meninjau, ungkapnya.

Masyarakat Desa Parlondut, berharap kepada Pemkab Samosir agar memperbaiki jalan itu lebih baik lagi, sehingga  masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasa bisa.

Sehingga jalan ini bisa dilalui roda empat, dan pergerakan ekonomi yang ada di desa, bisa berjalan dengan lancar, katanya. 

Penulis: stm. Editor: gun.