HETANEWS

Spesialis Pencuri Barang Elektronik Sekolah Diringkus Timsus Gurita Polres Tanjungbalai

Kedua tersangka diringkus Timsus Gurita Polres Tanjungbalai. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com - Dua orang terduga pelaku pencurian dan penadah hasil curian, diringkus Timsus Gurita Polres Tanjungbalai, pada lokasi dan waktu yang berbeda.

Dodie Mary Hakim (34),  warga jalan Sederhana, Kelurahan Sejahtera, Kecamatan  Tanjungbalai Utara dan Surya Siahaan (30),  warga Jalan Sepakat, Kelurahan Sejahtera, Kecamatan Tanjungbalai Utara, Kota Tanjungbalai.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai mengatakan, mereka ini terlibat dalam pencurian, di sebuah SD Negeri No. 1432405 Kecamatan Tanjungbalai Selatan, pada hari Jumat (21/6/2019)  dinihari.

vLaptop yang berhasil ditemukan kembali. (foto/ferry)

Pencuri berhasil menggondol barang – barang, seperti  1 unit dlink wifi,  1 unit infocus merk benqo, 1 unit infocus merk acer warna hitam,  5 unit laptop merk lenovo black B 40.

Selain itu, turut dicuri 1  unit flashdisc berisikan data nilai siswa. Total nilai kerugian sekitar  Rp 35 juta, ungkap Kapolres, Selasa (3/9/2019).

Setelah  kami menerima laporan, petugas langsung melakukan penyelidikan sehingga kami dapat mengamankan kedua  pelaku, ucapnya.

Dari hasil penyelidikan, petugas pertama kali mengamankan Surya Siahaan, yang merupakan penadah barang curian.

Kepada penyidik, tersangka mengaku telah  membeli 2  unit laptop merk lenovo warna hitam dengan harga keseluruhan Rp. 1.200.000 dan setelah dicek, laptop tersebut identik dengan laptop yang hilang di SD Negeri No. 132405 Tanjungbalai, ujar Kapolres.

Becak motor yang disita petugas, karena sebagai alat trnasportasi untuk mengangkut hasil curian. (foto/ferry)

"Tersangka ini, mengetahui bahwa laptop tersebut adalah hasil dari kejahatan/pencurian,"tambahnya.

Dari hasil pengembangan, Timsus Gurita berhasil meringkus pelaku utama pencurian, di sekolah tersebut, yakni, Dodie Mary  Hakim saat dia sedang berada di pinggir jalan.

Dari tersangka Dodie,  petugas menyita becak barang karena sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang hasil curian.

Kepada penyidik, tersangka Dodie mengakui perbuatannya. Dan menurutnya, dia melakukan pencurian itu bersama seorang temannya yang berinisial ZB yang diketahui beralamat, di Jalan  Sederhana, Kelurahan Sejahtera, Kecamatan TB. Utara dan kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) .

AKBP Irfan Rifai menambahkan,  bahwa modus operandi yang mereka pergunakan, yakni dengan cara membuka jerejak jendela belakang ruangan kepala sekolah.

Penulis: ferry. Editor: gun.