HETANEWS

Plt Bupati Asahan Hadiri Peringatan 1 Muharram dan Dzikir Akbar di Kecamatan Pulau Bandring

Suasana peringatan 1 Muharram dan dzikir akbar yang diselenggarakan di Masjid Al - Khoirun, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pulau Bandring, Minggu (1/9/2019).

Asahan, hetanews.com - Plt Bupati Asahan, H. Surya, BSc dan Sekda, Taufik Zainal Abidin Siregar, bersama masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Pulo Bandring, memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H.

Acara yang dirangkai dengan dzikir akbar itu, dipusatkan di Masjid Al- Khoirun Desa Sidomulyo, Minggu (1/9/2019).

Peringatan 1 Muharram, berawal dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Peristiwa hijrah tersebut, dilakukan sebagai strategi dakwah dalam menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif yang terjadi di Mekkah.

Seiring perkembangan zaman, hijrah dapat diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Hijrah juga dapat dimaknai sebagai proses pembelajaran nilai kebaikan menuju pribadi yang lebih baik.

Plt Bupati Asahan, H Surya BSc dalam kesempatan tersebut mengatakan, akan memberikan sumbangan 100 sak semen untuk pembangunan rumah tahfiz, seperti apa yang direncanakan Ketua BKM Mesjid Al Khoirun.

Surya juga mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat khususnya Desa Sidomulyo, dalam menuntaskan visi dan misi Pemkab Asahan yang dicanangkan bersama dengan alm Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama MAP, dalam mewujudkan Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

"Saya mengajak masyarakat untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari peringatan tahun baru Islam dan menjadikannya sebagai momentum yang tepat untuk melakukan perbaikan diri dalam menyongsong masa depan yang lebih baik,"ujar Surya.

Dengan dukungan semua pihak, kata Surya, roda pemerintahan akan berjalan baik, pembangunan dapat dilaksanakan dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Sementara itu, Ustad Nurul Ikhsan Sitorus dalam tausyiahnya menyampaikan, bahwa peringatan 1 Muharram adalah sarana umat Islam untuk introspeksi diri, mengingat dan memuhasabah apa saja yang telah dilakukan selama ini.

Ikhsan mengajak jamaah untuk membulatkan tekad dalam meningkatkan kualitas ibadah dan perbuatan baik kepada sesama.

"Tentu masih segar di ingatan kita ibadah yang telah kita jalankan serta perbuatan yang telah kita lakukan kepada sesama. Setelah memperingati 1 Muharram ini, hendaknya hal tersebut dapat kita tingkatkan, hijrah kearah yang lebih baik," ucap Ikhsan.

Penulis: rendi. Editor: gun.