HETANEWS

"Biawak" dan Pelajar Bolos Diamankan dari Pasar Horas

Pelajar dan biawak yang diamankan di Pasar Horas. Foto: BT

Siantar, hetanews.com - Patroli rutin petugas Pos Polisi Pasar Horas mendapati sejumlah pelajar yang disinyalir bolos sekolah dan beberapa "Biawak". Biawak merupakan istilah polisi bagi anak jalanan, gelandangan tanpa mengantongi identitas diri.

"Mereka diamankan di beberapa titik pasar," kata Kapos PH, Aipda Jeffri Siregar kepada hetanews, Senin, 2 September 2019.

Mereka yang diamankan 4 pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan empat Biawak diantaranya, MS (16), JA (15), RS (18) dan SS (19), dari patroli yag dimulai sekira pukul 10.00 WIB, tadi. Patroli dilakukan bersama petugas Trantib PD Pasar Horas Jaya.

Patroli rutin digelar guna mengantisipasi para pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat) serta pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) atau 3C, yang ditengarai beraksi di areal pasar.

Jeffri tak menampik para pelaku 3C bisa saja beraksi setiap saat menyasar baik terhadap pedagang maupun pengunjung pasar itu sendiri. Untuk itu kata dia perlu mengantisipasi dengan menggelar patroli rutin di setiap sudut pasar.

"Sesering mungkin kita adakan (patroli) biar masyarakat yang datang dan pedagang bisa nyaman di pasar. Sampai ke kita laporannya (Copet) belum ada," ujarnya.

Kendati demikian, pengganti Aiptu Pitra Jaya (Kapos Pol terdahulu) menjelaskan masyarakat bisa menghubungi nomor 082167997747/
081260596879, apabila melihat kejahatan atau mencurigai seseorang yang diduga copet. Kedua nomor handphone diatas dipastikan Jeffri siap menerima pengaduan masyarakat.

Terakhir disampaikannya, para pelajar dan anak jalanan yang diamankan diberi pembinaan untuk tidak mengulangi perbuatannya. Pihaknya tak segan memanggil orang tua dan pihak sekolah apabila masih kedapatan nongkrong di pasar pada jam sekolah.

"Pasti (kalau kedapatan lagi) kita panggil itu orang tua dan pihak sekolahnya," ujarnya.

Penulis: bt. Editor: bt.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.