HETANEWS

Diduga PT Aquafarm Nusantara Buang Limbah ke Laut

Lokasi pembuangan limbah di alur pesisir pantai. (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Warga Dusun VII, Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), resah akibat ‘pencemaran’ limbah pengolahan ikan PT Aquafarm Nusantara (PT AFN).

Pihak PT AFN tersebut, diduga membuang limbah ke laut, sehingga penghasilan para nelayan tradisional, di lokasi tersebut juga menjadi berkurang.

Dan terkait hal itu, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sergai, akan menurunkan tim, guna melakukan verfikasi, di lapangan.

“Kita akan menurunkan tim guna melakukan verifikasi di lapangan, guna menidak lanjuti pemberitaan sejumlah media massa, terang Kepala DLH Sergai, Panisean Tambunan S.Sos, Jumat (30/8/2019), lalu.

Sementara Ketua NGO PMBDS Sergai, Aswad Sirait  mengatakan, dirinya telah dua hari turun ke lokasi, guna melihat langsung lokasi pembuangan limbah milik PT. Aquafarm Nusantara yang diduga secara bebas dibuang.

“Dan juga pembuangan terlihat ada saluran pipa yang mengarah ke laut. Kemungkinan pipa tersebut tempat pembuangan limbah. Karena menurut keterangan para nelayan di lokasi, jika musim air laut pasang, maka pihak perusahaan tersebut diduga membuang limbah ke lokasi sungai yang mengalir ke laut. Dan jika hal ini terus dibiarkan, maka sangat dikuatirkan bagi keberlangsungan ekosistem laut dan penghasilan para nelayan setempat,”ungkapnya. 

Sebab, umumnya mereka masih menggunakan alat tangkap sederhana, maupun dengan kapal tradisional. Maka penghasilan mereka sangat terganggu, akibat dampak limbah tersebut, kata Aswat.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.