HETANEWS

AHY Ikut Antarkan Jenazah Ibunda SBY ke Liang Lahat

Agus Harimurti Yudhoyono berada di dalam liang lahat sang nenek yang dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Sabtu (31/8/2019). (foto/Fakhri Fuadi)

Jakarta, hetanews.com - Siti Habibah, Ibunda Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Saat dimakamkan, putera pertama SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut mengantar neneknya itu ke liang lahat.

Sekitar pukul 14.10 WIB, rombongan pengiring jenazah sampai ke kawasan pemakaman. Para petugas yang berpakaian militer dibantu kerabat mengeluarkan peti dan mengangkatnya sampai ke samping makam.

SBY bersama dengan pihak keluarga dan Menteri Agama Lukman Hakim menyusul di barisan belakangnya. Setelah itu mereka duduk di dekat makam di tempat yang disediakan.

Tak lama, jasad Siti Habibah diangkat keluar dari petinya. Bersamaan dengan itu, terlihat gestur SBY meminta AHY yang duduk di sebelahnya untuk membantu mengangkat neneknya itu.

AHY lantas beranjak dari kursinya dan masuk ke dalam pusara untuk membantu menguburkan jasar Siti Habibah. Bersama dengan kerabat lainnya, AHY menidurkan Siti Habibah di tanah dan mengantarkannya ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Selama proses pemakaman, dilantunkan salawat dan doa dari para pelayat. Setelah itu, secara simbolis, SBY menggali dan menguruk tanah ke pusara ibundanya. Sebelum mengubur, SBY dan AHY memberikan hormat ke makam Siti Habibah.

SBY, AHY bersama istrinya, Anisa Pohan, dan para kerabat diminta untuk menaburkan bunga. Proses pemakaman berlangsung selama sekitar 45 menit.

SBY memberikan pidato perpisahan dengan mengenang ibundanya itu dihadapan para pelayat. Setelah selesai, para pelayat menyalami SBY dan memberikan ucapan bela sungkawa.

Anak kedua SBY, Edi Baskoro Yudhoyono tidak mengikuti tidak mengikuti pemakaman neneknya itu. Ia diketahui tengah melakukan kunjungan ke luar negeri dan baru sampai Jakarta pukul 15.00 WIB.

Diketahui, Siti Habibah, Ibunda Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggal dunia pada Jumat (30/8/2019) di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur. Mendiang Siti akan dimakamkan pada Sabtu (31/8/2019) besok.

Kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Sekjen Partai Demokrat, Rachland Nashidik. Mendiang Siti menghembuskan nafas terakhir pada pukul 19.21 WIB.

"Telah berpulang ke rahmatullah, Ibu Siti Habibah, ibunda dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2019, pukul 19.21, di RS Mitra Keluarga Cibubur," kata Rachland kepada wartawan, Jumat (30/8/2019).

sumber: suara.com

Editor: sella.