HETANEWS

Biaya Transfer Uang Turun dari Rp5.000 jadi Rp3.500

Konferensi pers di Bank BI Pematangsiantar. Foto: BT

Siantar, hetanews.com - Bank Indonesia memangkas tarif pengiriman uang antar bank melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dari Rp5.000 menjadi Rp3.500. Penurunan biaya berlaku mulai 1 September 2019.

SKNBI adalah sistem transfer dana elektronik yang meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan secara nasional. 

Demikian dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat dalam temu pers perihal penyempurnaan kebijakan pperasional SKNBI PBI nomor 21/8/PBI/2019 tanggal 24 Mei 2019 Perubahan Ketiga PBI nomor 17/9/PBI/2015 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh Bank Indonesia.

"Tujuannya untuk meningkatkan transfer dana, untuk memenuhi kebutuhan transfer dana yang cepat dan efisien," kata Edhi didampingi Eko, manajer unit BI Pematangsiantar, di gedung BI, Jalan H Adam Malik, Jumat (30/8/2019).

Pengiriman uang antarbank melalui SKNBI terjadi dalam lima kali waktu penyelesaian. Namun melalui kebijakan yang baru, kata Edhi akan dilakukan sembilan kali. Lalu, penyelesaian transaksi dipercepat dari maksimal 2 jam jadi 1 jam.

Kemudian capping transaksi kebijakan saat ini Rp500 juta menjadi Rp1 miliar untuk layanan transfer dana dan layanan pembayaran reguler. Sedangkan untuk layanan kliring warkat debit dan layanan penagihan reguler Rp500 juta.

Macam-macam cara kirim uang

Sebenarnya ada tiga layanan yang ada dalam proses pengiriman uang tersebut yakni kliring, RTGS dan transfer online. Berikut perbedaanya, sebagaimana diwartakan detikcom.

RTGS merupakan singkatan dari real time gross settlement (RTGS). Layanan ini biasanya digunakan untuk transaksi atau pengiriman uang dalam jumlah besar yakni paling sedikit uang yang dikirim adalah Rp 100.000.000.

RTGS ini biasanya digunakan oleh antar bank, jadi misalnya BCA mengirimkan uang ke BNI menggunakan RTGS dan dikenakan biaya Rp 35.000 setiap transaksi 

Kliring bisa ditemukan di mobile banking ketika kita akan mengirim uang antar bank, biasanya memang nasabah bank lebih sering menggunakan layanan transfer online untuk mengirim uang. Lalu juga bisa ditemukan pada pengiriman uang melalui kantor bank.

Mengirimkan uang menggunakan kliring harus menunggu beberapa jam untuk pemrosesannya. Jadi tidak bisa langsung masuk ke rekening penerima. Saat ini pemrosesan kliring di Bank Indonesia (BI) memiliki 5 waktu atau 2 jam sekali pada jam kerja. Nanti pada 1 September pemrosesan kliring akan terjadi setiap jam. 

Transfer Online adalah metode yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Misalnya transfer dari BCA ke BNI ini sudah menggunakan switching yang menghubungkan kedua bank tersebut. Switching yang digunakan beragam mulai dari ATM Bersama, Prima hingga ALTO. 

Transfer online biasanya dikenakan biaya Rp 6.500-7.500. Tapi transfer menggunakan metode ini bisa langsung sampai ke rekening penerima, karena perusahaan switching memfasilitasi transaksi selama 24 jam dalam 7 hari.

Penulis: bt. Editor: bt.