HETANEWS

Bahama-Florida Bersiap Diterjang Dorian, Badai Ganas Berpotensi Mengancam Jiwa

Pantai di dekat Miamin, Florida, AS. (foto/Michele Eve Sandberg)

Florida, hetanews.com - Badai Dorian menguat menjadi badai yang "sangat berbahaya" pada Jumat (30/8/2019). Badai itu diperkirakan berakhir di Bahama dan pantai timur negara bagian Florida, Amerika Serikat (AS).

Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis memperingatkan penduduk kepulauan Samudra Atlantik di jalur badai untuk mengungsi.

"Badai (Dorian) sangat kuat dan berpotensi mengancam jiwa," kata dia, Sabtu (31/8/2019).

National Hurricane Center (NHC) yang berbasis di Miami menyatakan, Dorian menguat ke badai Kategori 4 yang sangat berbahaya, dari skala lima tingkat. Dorian diperkirakan akan mendarat di Bahama pada besok Minggu dan di Florida pada Senin atau Selasa sore.

Badai itu memiliki kecepatan angin hingga 215 kilometer per jam, menurut NHC.

Bahama bagian barat laut harus bersiap menghadapi gelombang badai yang mengancam jiwa yang bisa menaikkan level air di lokasi wisata 3 hingga 4,5 meter di atas level pasang normal.

"Lonjakan akan disertai oleh gelombang besar dan merusak," lapor NHC, yang juga menyebut curah hujan tinggi dapat menyebabkan banjir bandang.

"Mereka yang menolak untuk mengungsi menempatkan diri mereka dalam bahaya yang sangat besar," ujar Minnis, perdana menteri Bahama.

"Jangan membahayakan hidup Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Jangan bodoh dan cobalah untuk berani menghadapi badai ini," kata Minnis. "Harga yang mungkin Anda bayar untuk tidak mengungsi adalah nyawa Anda."

Dengan jalur badai yang masih belum pasti, penduduk pesisir Florida belum menerima perintah evakuasi. Namun warga sudah menyiapkan persediaan makanan, air, dan lainnya jika sewaktu-waktu meninggalkan rumah mereka.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengeluarkan deklarasi darurat untuk semua 67 negara bagian dan mendesak jutaan penduduk mempersiapkan apa yang menurutnya bisa menjadi "peristiwa besar. Kami mengantisipasi banjir besar-besaran," kata DeSantis.

"Kami mendesak semua penduduk Florida memiliki makanan, obat-obatan, dan air selama tujuh hari. Jika Anda berada di zona evakuasi dan Anda diperintahkan untuk evakuasi, silakan lakukan," kata DeSantis.

Pengawal Nasional Florida menyatakan, sekitar 2.000 anggota layanan telah dikerahkan dan 2.000 lainnya akan dikirim pada Sabtu (31/8/2019).

sumber: inews.id

Editor: sella.