HETANEWS

Polisi Hong Kong Tangkapi Para Aktivis Prodemokrasi Jelang Demonstrasi Besar

Hongkong, hetanews.com - Kepolisian Hong Kong menangkapi para aktivis prodemokrasi, Jumat (30/8/2019), menjelang aksi unjuk rasa besar-besaran yang akan digelar akhir pekan mendatang.

Para aktivis yang ditangkap di antaranya menentang larangan berdemonstrasi pada akhir pekan yang dikeluarkan kepolisian karena berpotensi mengganggu keamanan.

Demonstran berencana menggelar unjuk rasa di pekan ke-14 pada Sabtu sekaligus memperingati 5 tahun penolakan China atas desakan digelarnya pemilihan umum di Hong Kong, keputusan yang memicu Gerakan Payung selama 79 hari.

Dua orang yang ditangkap di antaranya merupakan aktivis Partai Demosisto, Joshua Wong dan Agnes Chow. Mereka sangat dikenal di kalangan aktivis muda prodemokrasi.

"Sekretaris jenderal kami @joshuawongcf baru saja ditangkap pagi ini sekitar pukul 07.30," bunyi pernyataan Demosisto.

Dijelaskan, pria 22 tahun itu dipaksa masuk ke mobil pribadi di jalan. "Pengacara kami sedang mengawal kasus ini," katanya.

Sementara itu, Agnes Chow (22) ditangkap di rumahnya. Partai belum mengetahui tuduhan yang dikenakan kepada mereka.

Terkait penangkapan terbaru ini, kepolisian Hong Kong mengakui menciduk dua orang berusia 22 tahun. Petugas hanya menyebut identitas mereka sebagai Wong dan Chow. Mereka dicurigai menghasut orang lain untuk ambil bagian dalam aksi unjuk rasa yang tidak sah. Selain itu ada beberapa tuduhan lain yang dikenakan.

Penangkapan terjadi setelah polisi menahan kritikus pemerintah yang juga aktivis prokemerdekaan Andy Chan di bandara Hong Kong pada Kamis malam.

Chan ditangkap saat hendak naik ke pesawat untuk pergi ke Jepang. Dia dituduh terlibat dalam kerusuhan saat demonstrasi sebelumnya serta menyerang seorang petugas.

Sejauh ini polisi telah menangkap lebih dari 850 orang terkait aksi unjuk rasa menentang RUU ekstradisi di Hong Kong sejak Juni 2019.

sumber: inews.id

Editor: sella.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.