HETANEWS

Tingkatkan Ketersediaan Konsumsi Pangan, Plt Bupati Asahan Buka Festival B2SA

Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc saat mencoba salah satu stand makanan lokal, pada acara B2SA yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Rabu (28/8/2019).

Asahan, hetanews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, melalui Dinas Ketahanan Pangan, menggelar festival pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Asahan, pada peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2019, yang dipusatkan, di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan setempat, Rabu (28/8/2019), lalu.

Kegiatan tersebut, dihadiri Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc, Kepala Badan Pusat Statistik, OPD, Kabag, Camat, Plt Ketua TP PKK Asahan, Ketua TP PKK Kecamatan dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir Amir Husein Siregar, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman kepada masyarakat luas agar dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman sesuai potensi pangan local, di wilayahnya.

"Sejak tahun 2007, festival pangan lokal B2SA yang dulunya diberi nama lomba cipta menu B2SA dilaksanakan bersamaan dengan peringatan hari pangan sedunia,"ujar Amir.

Masih kata Amir, aspek konsumsi pangan sangat erat kaitannya terhadap kualitas SDM, sangat ditentukan status gizi, baik yang ditentukan jumlah asupan pangan yang dikonsumsi.

Tekhnologi industri pertanian dan pangan menuju Indonesia lumbung pangan 2045 adalah tema peringatan tahun ini.

Sementara itu, Plt Bupati Asahan, H Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan, festival pangan lokal adalah upaya meningkatkan ketersediaan konsumsi pangan yang B2SA, demi mewujudkan SDM yang berkualitas.

"Selain kualitas, kita juga berharap dapat menumbuhkan kreativitas dalam membuat olahan pangan yang menarik, bercita rasa tinggi, bergizi serta memiliki nilai ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan berkelanjutan,"ucap Surya.

Selanjutnya, Plt Bupati Asahan didampingi Plt Ketua TP PKK, Hj Titiek Sugiarto Surya, memberikan penghargaan adhikarya pangan nusantara dan pemberian bantuan peningkatan gizi balita secara simbolis.

Peresmian aula Dinas Ketahanan Pangan, ditandai dengan penandatanganan oleh Plt Bupati Asahan dan pemotongan pita oleh Plt Ketua TP PKK.

Terakhir, acara dirangkai dengan pemberian hadiah kepada pemenang festival B2SA oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Juara I Kecamatan Kota Kisaran Timur, juara II Kecamatan Aek Ledong dan juara III Kecamatan Pulau Rakyat.

Penulis: rendi. Editor: gun.