HETANEWS

Pencuri Sawit Dituntut 8 Bulan, Hakim: "Sudah Ringan Kok"

Terdakwa berjalan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terdakwa Wintoso Saragih als Wintoso (35), sebelumnya oleh jaksa, Doniel Ferdinan SH, dituntut 8 bulan penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalaninya, karena terbukti mencuri 6 tandan sawit milik kebun Dosin PTPN IV Unit Gunung Bayu.

Ancaman hukuman itu, dibacakan jaksa penuntut umum (JPU), di PN Simalungun, pada Kamis (29/8/2019).

Wintoso, warga Huta Kampung Tengah Maligas Bayu, Kecamatan Hutabayu Raja, dipersalahkan jaksa, melanggar Pasal 107 (d) UU No.39/2014 tentang Perkebunan Jo Pasal 55 (1) ke-1 KUH Pidana.

Terdakwa, melakukan pencurian bersama - sama dengan Samino Sinaga dan Pinisi (disidang terpisah), dengan cara memanen buah sawit milik kebun tanpa izin.

Aksi pencurian itu, dilakukan para terdakwa dan temannya, pada Rabu (23/8) lalu.

Petugas security yang melakukan patroli melihat aksi terdakwa dan berhasil menangkap terdakwa dengan barang bukti 7 tandan sawit.

Usai pembacaan tuntutan, terdakwa mohon kepada majelis hakim, agar hukumannya diringankan, dengan alasan menyesal. "Saya mohon hukuman saya diringankan yang mulia,"kata terdakwa.

"'Udah ringan kali pun,"kata Hendrawan selaku pimpinan sidang.

Untuk putusan,  sidang ditunda seminggu. Persidangan dibantu Panitera Pengganti, Jonni Sidabutar SH, dinyatakan ditutup dan dibuka kembali, pada Kamis (5/9/2019) mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.