HETANEWS

Racikan Pelatih Persija Jadi Sorotan, Riko Simanjuntak Beri Pembelaan

Pelatih Persija Jakarta Riko Simanjuntak. (foto/Dhemas Reviyanto)

Jakarta, hetanews.com - Racikan Pelatih Persija Jakarta Julio Banuelos dikritik The Jakmania usai bermain imbang 0-0 melawan PSM Makassar pada laga tunda pekan ke-7 Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (28/8/2019) sore. Sadar dengan hal tersebut, winger Macan Kemayoran Riko Simanjuntak memberi pembelaan.

Pada laga tersebut, tuan rumah sebenarnya mampu mendominasi permainan. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat Marko Simic dan kolega tak bisa menyarangkan bola, hingga peluit panjang dibunyikan.

Di sosial media khususnya Twitter, beberapa The Jakmania menyebutkan skema yang dibuat Banuelos membuat permainan Persija monoton. Ada pula yang berasumsi masalah tersebut terjadi karena kendala bahasa di mana Banuelos yang berdarah Spanyol tak bisa berbahasa Indonesia untuk memberikan instruksi dengan baik.

Pasalnya, performa juara bertahan Liga 1 itu di bawah arahan Banuelos belum menunjukkan peningkatan sejak ditinggal Ivan Kolev. Dari 10 pertandingan di Liga 1, mantan asisten Luis Milla di Tim nasional Indonesia itu hanya bisa memetik dua kemenangan (6 imbang dan 2 kalah).

Imbasnya, Macan Kemayoran kini bercokol di peringkat 15 klasemen berbekal nilai 14. Mereka hanya unggul satu angka dari Perseru Badak Lampung yang menghuni posisi 16 (zona teratas degradasi).

Menurut Riko, menurunnya performa Persija di era Banuelos dikarenakan periode transisi. Karenanya, pemain mungil yang memiliki kecepatan mumpuni itu meminta The Jakmania untuk bersabar.

“Pelatih sedang membentuk tim ini. Dia baru tiga bulan dan ini bukan hal gampang. Memang, kami masih sulit menang dan masalah ini harus segera dipecahkan. Tapi, tidak menutup kemungkinan ke depannya kami segera mendapatkan kemenangan, tinggal menunggu momentumnya saja,” kata Riko dilansir laman klub.

“Kalau kami terus bekerja keras, tak menutup kemungkinan pasti ke depannya bisa lebih baik, memenangkan setiap pertandingan. Menurut saya yang paling penting kami harus memberikan hal yang positif di tiap pertandingan,” ujarnya.

Persija pun harus bekerja keras untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen. Juara Liga 1 musim lalu tersebut, bakal kembali mencari tonggak kebangkitan saat menjamu Badak Lampung pada pekan ke-17 Liga 1 2019, Minggu (1/9/2019) sore.

sumber: inews.id

Editor: sella.