HETANEWS

Presiden Jokowi Hari Ini Diagendakan Tinjau Bandara YIA Kulonprogo

Suasana di Bandara YIA Kulonprogo dalam persiapan pengamanan dan penyambutan kedatangan Presiden Jokowi, Kamis (29/8/2019). (foto/Kuntadi)

Yogyakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan meninjau langsung pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) yang ada di Kabupaten Kulonprogo, DIY, Kamis (29/8/2019) hari ini. Dalam pengerjaannya, progres pembangunan bandara saat ini sudah mencapai 74%.

Pengamanan di areal Bandara YIA Kulonprogo diperketat. Presiden akan datang dengan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

"Ini persiapan kami lakukan untuk pastikan semua aman," ujar Dirut Pelayanan dan Pemasaran PT Angkasa Pura I Devi Suradji, Kamis (29/8/2019).

Seusai mendarat, Presiden dan rombongan akan langsung ke bandara tanpa melewati Garbarata dan menuju areal terminal. Di tempat ini, Presiden akan menyaksikan progres pengerjaan Bandara YIA dari waktu ke waktu.

Selanjutnya rombongan akan menuju ke lantai dua terminal. Di mana nantinya dapat melihat kondisi terminal keberangkatan penumpang. Termasuk gerai UMKM yang memajang dan menjual produk-produk lokal masyarakat DIY.

Agenda terakhir, Presiden akan melihat langsung progres pembangunan di lantai III. Pada bagian ini, akan diputar video yang merekam seluruh pengerjaan bandara tersebut.

"Per hari ini ya, progres pembangunan sudah 74 persen," kata Suradji.

Menurutnya, pergerakan pesawat di Bandara YIA sudah cukup bagus. Setidaknya ada 10 jadwal penerbangan setiap hari dengan tujuan beberapa kota di Indonesia.

"Ada permintaan lagi dari lima penerbangan dari Lion Air dan Garuda untuk tujuan Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Batam dan Palembang,” ucapnya.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan, saat ini maskapai sedanga mengurus izin penerbangan. Begitu izin keluar, maka penerbangan langsung dibuka.

sumber: inews.id

Editor: sella.