HETANEWS

Pemkab Ajukan 10 Perda ke DPRD Asahan, 3 Perda masih Tahap Pembahasan

Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc, bersama Ketua DPRD Asahan, H. Benteng Panjaitan dan Anggota DPRD Asahan, Ilham Harahap S.Ag, saat mendengarkan pengesahan Perda yang dibacakan Lela Sari Sinaga, Senin (26/8/2019).

Asahan, hetanews.com - Ketua DPRD Asahan, H Benteng Panjaitan SH, memimpin rapat paripurna penetapan program pembentukan Perda Asahan tahun 2020, di Aula Rambate Rata Raya, Senin (26/8/2019), lalu.

Rapat paripurna tersebut, tampak dihadiri, Plt Bupati Asahan, Wakil Ketua DPRD, anggota DPRD, Dandim 0208/As, Letkol Sri Marantika Beruh, Ketua PN Kisaran, Kajari Asahan, Danyon 126 KC, Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu, Sekda, Taufik Zainal Abidin Siregar, OPD, Camat dan undangan lainnya.

Lela Sari Sinaga yang juga Anggota DPRD Asahan, saat membacakan hasil penyusunan program pembentukan Perda mengatakan, tahun 2019 Pemkab Asahan mengajukan usulan pembentukan Perda sebanyak 10 Perda.

Namun, ada 3 Perda yang belum selesai dibahas tahun ini dan diharapkan akan selesai dibahas tahun 2020 mendatang, yakni, penyertaan modal daerah pada PT Bank Sumut, Irigasi dan retribusi IMB.

Sementara usulan baru dari Pemkab Asahan, sebanyak 19 Perda, yakni pertanggung jawaban APBD 2019, perubahan Perda No 6 tahun 2011 tentang organisasi dan tata kerja lembaga lain, pencabutan Perda No 7 tahun 2002, tentang izin reklame, perubahan Perda No 6 tahun 2017 tentang perangkat desa.

Kemudian, penyelenggaraan ibadah haji, perubahan Perda No 2 tahun 2017 tentang pembentukan produksi hukum daerah dan desa, bantuan hukum untuk masyarakat miskin, PDAM TSP, perubahan APBD tahun 2020 dan APBD tahun 2021.

"Untuk saat ini, usulan baru dari DPRD Asahan sebanyak 5 yakni lingkungan dan dusun, keolahragaan, pemberdayaan UMKM dan pembangunan ekonomi kreatif, pemberdayaan kabupaten layak anak, pengelolaan dan validasi basis data terpadu. Kepada seluruh pengusul agar segera mempersiapkan segala sesuatunya yang menjadi syarat pengajuan suatu Ranperda," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada para Anggota DPRD Asahan yang telah membahas dan mengesahkan 7 dari 10 Perda, yang diajukan Pemkab Asahan.

"Kami mengapresiasi kinerja dari para Ketua, Wakil Ketua  dan Anggota DPRD Asahan yang telah membahas dan mengesahkan 7 dari 10 Perda yang kami ajukan,"ucap Surya.

Penulis: rendi. Editor: gun.